PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN PADA PESETA DIDIK KELAS VII SMP MATARAM SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

INDASARI, CUCU (2019) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN PADA PESETA DIDIK KELAS VII SMP MATARAM SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Cucu.pdf] Text
Cucu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

CUCU INDASARI. NPM 15410179. “Penerapan Model Snowball Throwing
dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Pantun Pada Peseta Didik Kelas VII
SMP Mataram Semarang Tahun Pelajaran 2018/ 2019”. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang 2019. Pembimbing I
Arisul Ulumuddin, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Pipit Mugi Handayani, S.S.,
M.A. Agustus 2019.
Kata Kunci : Model Snowball Throwing, Menulis Pantun.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menulis pantun merupakan salah satu
keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Agar peserta didik dapat
menulis pantun dengan baik dan benar, maka perlu adanya hal yang dapat
mendukung keberhasilan menulis pantun. Berdasarkan observasi yang telah
dilakukan, pembelajaran menulis pantun di SMP Mataram Semarang masih
mengunakan model pembelajaran dengan berceramah. Hal ini menyebabkan
peserta didik lebih terbatas dan kurang aktif dalam proses pembelajaran menulis
pantun sehingga tujuan pembelajaran kurang tercapai. Oleh karena itu, peneliti
menawarkan model pembelajaran Snowball Throwing untuk diterapkan dalam
pembelajaran menulis pantun.
Rumusan masalah yang akan dibahas dalam peneiltian ini adalah
bagaimanakah Penerapan Model Snowball Throwing dalam Pembelajaran
Keterampilan Menulis Pantun Pada Peseta Didik Kelas VII SMP Mataram
Semarang Tahun Pelajaran 2018/ 2019? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan Penerapan Model Snowball Throwing dalam Pembelajaran
Keterampilan Menulis Pantun Pada Peseta Didik Kelas VII SMP Mataram
Semarang Tahun Pelajaran 2018/ 2019.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan
nontes. Instrumen tes berupa soal tertulis. Nontes berupa observasi, angket, dan
dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan kualitatif deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul Penerapan Model Snowball
Throwing dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Pantun Pada Peseta Didik
Kelas VII SMP Mataram Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 memperoleh
respon positif dan mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam belajar.
Data hasil nilai peserta didik dalam menulis pantun memperoleh nilai tertinggi
91,67 dengan nilai rata-rata 82,69. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
model Snowball Throwing dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis pantun.
Saran yang penulis sampaikan adalah sebelum melakukan kegiatan
pembelajaran, hendaknya memilih meodel pembelajaran yang tepat dan efektif
untuk diaplikasikan dalam proses belajar mengajar, khususnya model
pembelajaran Snowball Throwing dapat dijadikan sebagai alternatif model
pembelajaran menulis pantun untuk meningkatkan keaktifan peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:15
Last Modified: 20 Nov 2024 02:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8120

Actions (login required)

View Item
View Item