DESKRIPSI NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII D SMP INSTITUT INDONESIA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Tekaeni, Is (2020) DESKRIPSI NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII D SMP INSTITUT INDONESIA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Is Tekaeni.pdf] Text
Is Tekaeni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Deskripsi Newman’s Error Analysis adalah suatu upaya untuk
menggambarkan jenis kesalahan dan mengukur sejauh mana kesalahan
peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan 5 tahap yaitu
reading, comprehension, transformation, process skill, dan encoding.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui presentase kesalahan yang
mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam
menyelesaikan soal cerita berdasarkan Newman’s Error Analysis.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskripsi yang
dilaksanakan di SMP Institut Indonesia Semarang tahun ajaran
2019/2020, dengan subjek penelitian kelas VIII D. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes berupa soal cerita
matematika dengan materi segiempat dan pedoman wawancara.
Penelitian ini dimulai dengan penentuan subjek penelitian yaitu 2 peserta
didik kelompok tingkat tinggi, 2 peserta didik kelompok tingkat sedang,
dan 2 peserta didik kelompok tingkat rendah. Kemudian pemberian tes
tertulis berisi soal cerita dan dilanjutkan dengan wawancara mendalam
terhadap subjek penelitian. Penelitian menggunakan triangulasi teknik,
yaitu mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang
berbeda dengan cara membandingkan data hasil tes yang diverivikasi
dengan wawancara. Berdasarkan hasil deskripsi analisis penelitian dapat
disimpulkan bahwa kelompok tingkat tinggi melakukan jenis kesalahan
pada tahap transformation sebesar 25% dan tahap process skill sebanyak
20%. Kelompok tingkat sedang melakukan jenis kesalahan tahap
comprehension sebanyak 8,34%, tahap transformation sebesar 25%,
tahap process skill sebanyak 30%, dan tahap encoding sebanyak 50%.
Sedangkan kelompok tingkat rendah melakukan jenis kesalahan pada
tahap tahap comprehension sebanyak 25%, tahap transformation sebesar
37,5%, tahap process skill sebanyak 60%, dan tahap encoding sebanyak
75%. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan jawaban lebih dominan
pada tahap encoding yang disebabkan karena proses perhitungan yang
dikerjakan pada tahap sebelumnya juga mengalami kesalahan.
Kata kunci : Deskripsi kesalahan, Newman’s Error Analysis,
penyelesaian soal cerita

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:14
Last Modified: 20 Nov 2024 02:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8119

Actions (login required)

View Item
View Item