PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDN 2 BLADO

MAHENDRA, PANDU (2020) PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SDN 2 BLADO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of PANDU MAHENDRA.pdf] Text
PANDU MAHENDRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PANDU MAHENDRA.13120404. “Penanaman Nilai Karakter Siswa Melalui Kegiatan
Ekstrakurikuler Pramuka Di SDN 2 Blado”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2020.
Kurangnya pendidikan karakter pada siswa melatarbelakangi penelitian ini yang bertujuan
untuk mengetahui ekstrakurikuler pramuka sebagai bentuk kegiatan menanamkan nilai-nilai
karakter upaya pembina pramuka dalam menanamkan nilai-nilai tersebut dan nilai nilai karakter
apa saja yang terdapat dalam ekstrakuriukler pramuka yang dilaksanakan di SDN 2 blado.
Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan
pedoman wawancara, instrumen observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan
langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan simpulan.Data yang
diperoleh berupa hasil observasi, wawancara, angket, analisis materi Pramuka, dan dokumentasi
dengan menggunakan pedoman hal tersebut, teknik observasi dilakukan untuk mengamati
kegiatan ekstrakurikuler berlangsung wawancara digunakan untuk mengumpulkan informasi
terkait penanaman nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SDN 2 Blado,
dengan Tanya jawab kepada kepala sekolah dan pembina pramuka, angket digunakan untuk
menumpulkan informasi nilai-nilai karakter pada siswa, analisis materi digunakan untuk
mengetahui materi apa saja yang terdapat pada pramuka yang berkaitan dengan nilai-nilai
karakter.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai karakter yang di pahami atau didapatkan oleh
siswa diantaranya: Mengerjakan ibadah, Tegas, Bergotong royong, Disiplin, Jujur, Sopan santun,
Percaya diri, Menghormati, Bekerja keras, Keberanian, dan Berbagi sesama. Upaya yang
dilakukan pembina dalam menanamkan nilai katrakter melalui kegiatan pramuka yaitu : Belajar
sambil melakukan,kegiatan di alam terbuka, sistem beregu, dan satuan terpisah. Yang mana
dalam metode kepramukaan ini memberikan kemudahan dalam penyampaian materi pramuka
yang bersifat teori dan praktek yang tentunya akan lebih mudah di pahami oleh siswa serta
mengandung nilai pendidikan kepada siswatabel analisis materi Pramuka terdapat ada 29
indikator yang mencakup 5 nilai karakter, dari 29 indikator 27 diantaranya materi sudah
memenuhi indik ator nilai karakter ini menunjukan materi Pramuka sangat baik diajarkan kepada
siswa untuk menanamkan pendidikan karakter.Hasi angket yang diberikan kepada siswa
menunjukan hasil skor rata-rata skor yaitu 96,75 ,angka yang sangat tinggi hampir mendekati
100 rata-rata skor tersebut menunjukan bahwa pendidikan karakter pada SD N 2 Blado sudah
terlaksana dengan cukup baik dilihat dari hasil rata-rata skor angket siswa
Berdasarkan hasil penelitian peneneman nilai-nilai karakter melalui kegiatan pramuka
dapat digunakan sebagai kegiatan untuk menanamkan nilai karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:14
Last Modified: 20 Nov 2024 02:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8118

Actions (login required)

View Item
View Item