NISA, OVIE KHOIRUN (2020) PENERAPAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK MEDIKA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Ovie Khoirun Nisa.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Ovie Khoirun Nisa. NPM 15410123. ―Penerapan Media Animasi dalam
Pembelajaran Menulis Teks Biografi pada Peserta Didik Kelas X SMK Medika
Pekalongan Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa
dan Seni Universitas PGRI Semarang Pembimbing I Agus Wismanto, B.Sc.,
S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Siti Ulfiyani, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : penerapan media animasi, pembelajaran menulis teks biografi.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena nilai peserta didik dalam
pembelajaran menulis yang kurang maksimal, khususnya keterampilan menulis
teks biografi. Hal itu, perlu diupayakan penerapan media pembelajaran dapat
menarik minat belajar peserta didik dan meningkatkan keterampilan menulis pada
peserta didik kelas X Keperawatan (K2) SMK Medika Pekalongan. Sehingga
media yang diterapkan adalah media animasi, dengan media animasi diharapkan
peserta didik dapat lebih aktif dalam menulis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan
media animasi dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas
X di SMK Medika Pekalongan? Adapun tujuan tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan penerapan media animasi dalam pembelajaran menulis teks
biografi pada peserta didik kelas X di SMK Medika Pekalongan tahun pelajaran
2018/2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Metode kualitatif adalah metode yang secara keseluruhan
memanfaatkan cara-cara penafsiran dengan menyajikan data dalam bentuk
deskripsi. Dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes yang meliputi
observasi, angket dan waancara pada peserta didik. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Medika Pekalongan tahun pelajaran
2018/2019 yang berjumlah 240 peserta didik yang terdiri atas tujuh kelas dan
yang dijadikan sampel adalah kelas X Keperawatan 2 (K2) melalui Simple
random sampling.
Bedasarkan hasil penelitian dapat disampaikan bahwa penerapan media
animasi dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X
SMK Medika Pekalongan mencapai nilai yang maksimal. Hal tersebut, dapat
dibuktikan dari nilai rata-rata peserta didik kelas X SMK Medika Pekalongan
mencapai 80 dengan KKM yang ditentukan sekolah yaitu 75. Oleh karena itu,
penerapan media animasi dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta
didik kelas X SMK Medika Pekalongan dapat diterapkan. Saran yang dapat
penulis sampaikan yaitu agar guru harus memperhatikan penerapan media yang
tepat digunakan untuk suatu pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat
tercapai dengan optimal, dan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan
dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:05 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:05 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8110 |