PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA SMP

EKAWATI, CICI (2020) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of CICI EKAWATI.pdf] Text
CICI EKAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir aljabar merupakan suatu kegiatan berpikir yang diperlukan
dalam pembelajaran matematika yang dirasa mampu menumbuhkembangkan
kemampuan pemecahan masalah matematika dan dalam memecahkan masalah
matematika terdapat perbedaan yang dimiliki setiap siswa dalam menerima dan
mengolah informasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan
berpikir aljabar dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya
kognitif impulsif dan reflektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Penentuan subjek menggunakan purposive sampling yaitu siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Tayu yang memiliki gaya kognitif impulsif dan gaya kognitif
reflektif ditentukan berdasarkan Matching Familiar Figure Test. Pengambilan
data penelitian melalui tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan
melalui mereduksi, menyajikan, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan berpikir aljabar dalam memecahkan masalah gaya kognitif impulsif:
(1) mampu memahami permasalahan dengan menulis ulang dengan kata yang
lebih operasional; (2) dalam abstraksi membuat simbol dai infromasi; (3) dalam
pemodelan dapat memodelkan informasi ke dalam bentuk aljabar; (4) dalam
berpikir analitik menyelesaikan permasalahan dari model yang dibuatnya; serta
(5) dalam berpikir dinamik dapat menentukan nilai akhir permasalahan dan
memberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
berpikir aljabar dalam memecahkan masalah gaya kognitif reflektif: (1) mampu
memahami permasalahan dengan menulis ulang dengan kata yang lebih
operasional; (2) dalam abstraksi membuat simbol dari informasi dengan tepat, (3)
dalam pemodelan dapat memodelkan informasi ke dalam bentuk aljabar; (4)
dalam berpikir analitik mampu menyelesaikan permasalahan dari model
matematika yang dibuatnya; serta (5) dalam berpikir analitik dapat menentukan
nilai akhir permasalahan, memberikan kesimpulan, dan memeriksa kembali
jawaban.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Aljabar, Memecahkan Masalah Matematika,
Gaya Kognitif, Impulsif, Reflektif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:04
Last Modified: 20 Nov 2024 02:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8108

Actions (login required)

View Item
View Item