UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK MELALUI PERMAINAN “ TUPIN ” PADA ANAK KELOMPOK B DI TKIT HARAPAN BUNDA SEMARANG

CHUZAEFAH, - (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK MELALUI PERMAINAN “ TUPIN ” PADA ANAK KELOMPOK B DI TKIT HARAPAN BUNDA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of CHUZAEFAH.pdf] Text
CHUZAEFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

CHUZAEFAH, NPM 15159003. “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Konsentrasi Belajar Anak Melalui Permainan TUPIN Pada Anak Kelompok B Di
TKIT Harapan Bunda Semarang Tahun Ajaran 2018/2019”. Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang, Pembimbing I Purwadi, S.Pd, M.Pd,dan Pembimbing
II Dwi Prasetiyawati D.H, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya konsentrasi
belajar anak. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang melatih
konsentrasi belajar anak. Permasalahn dalam penelitian ini adalah “Bagaiamanakah
upaya meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar melalui permaian Tupin pada
anak kelompok B di TKIT Harapan Bunda Semarang Tahun Ajaran 2018/2019”..
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Kurangnya kemampuan konsentrasi
belajar anak denagn maksimal, 2) Anak belum bisa menyelesaikan pekerjaan yang
di berikan guru dengan tuntas, 3) Kurangnya media pembelajaran yang menarik
untuk merangsang konsentrasi belajar anak sehingga menyebabkan anak tidak
tuntas dalam menyelesaikan tugasnya, 4) Rentang waktu konsentrasi belajar anak
yang sedikit, anak belum bisa memperhatikan guru saat bercerita di dalam kelas.
Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah upaya untuk
meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar anak melalui permainan Tupin pada
anak kelompok B di TKIT Harapan Bunda Semarang.
Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan
kelas. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B di TK Islam Terpadu
Harapan Bunda Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari 15 anak.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif persentatif
dan aktivitas anak-anak didik.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan konsentrasi belajar yang dimiliki
anak didik meningkat dibandingkan dengan sebelumnya dimana pada kondisi awal,
kemampuan konsentrasi belajar anak hanya mencapai 13,33%, namun setelah
dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui permaian Tupin, pada siklus I
terjadi peningkatan mencapai 40%. Selanjutnya dilakukan penelitian lanjutan
sehingga pada siklus II meningkat hingga mencapai 86,67%. Disimpulkan bahwa
melalui permainan Tupin dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi Belajar
anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:01
Last Modified: 20 Nov 2024 02:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8107

Actions (login required)

View Item
View Item