MEDIA PEMBELAJARAN PENCAK SILAT BERKARAKTER DAN MINAT DI SD SE-KECAMATAN BANJAREJO

Pangestika, Oktaviani Wahyu (2020) MEDIA PEMBELAJARAN PENCAK SILAT BERKARAKTER DAN MINAT DI SD SE-KECAMATAN BANJAREJO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of OKTAVIANI WAHYU PANGESTIKA.pdf] Text
OKTAVIANI WAHYU PANGESTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Oktaviani Wahyu Pangestika.”Media Pembelajaran Pencak Silat
Berkarakter dan Minat di SD Se-Kecamatan Banjarejo”. Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahauan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2019.
Maftukin Hudah, S.Pd., M.Pd. dan Pandu Kresnapati, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah Kurikulum 2013 sekolah dasar
terdapat salah satu standar kompetensi yaitu mempraktikkan keterampilan salah
satu cabang olahraga bela diri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat, dan percaya diri. Pencak silat merupakan materi yang terdapat di
silabus, akan tetapi tidak diajarkan didalam pembelajaran. Penelitian ini untuk
menghasilkan produk media pembelajaran pencak silat berupa powerpoint yang
dapat digunakan guru untuk mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengembangkan media pembelajaran pencak silat.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research And Development.
Langkah-langkah penelitian ini mengadaptasi dari langkah penelitian Sugiyono
yang diadaptasi menjadi 10 langkah. Uji coba kala kecil dilakukan di SD N 1
Klopoduwur yang berjumlah 20 siswa, sedangkan uji coba skala besar dilakukan
80 siswa atau tiga sekolahan yaitu MI Gedongsari, SD N 1 Gedongsari, dan SD N
2 Sendangwungu. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
lembar evaluasi, dan angket skala penilaian. Data hasil evaluasi berbentuk
deskriptif kualitatif dan kuantitatif presentase. Saran-saran yang ada digunakan
untuk merevisi produk.
Hasil validasi menurut penilaian ahli media I ”sangat baik” dengan skor
keseluruhan 95.8% dan ahli media II “sangat baik” dengan skor 85.8%. Ahli
materi I “baik” dengan rerata skor 72%, dan ahli materi II “sangat baik” dengan
rerata skor 100%. Penilaian siswa adalah “sangat baik” dengan besar rerata skor
sebagai berikut MI Gedongsari dengan rerata skor 86%, SD N 1 Gedongsari
dengan rerata skor 87%, dan SD N 2 Sendangwungu dengan skor 92%, termasuk
kategori “sangat baik”.
Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan media
pembelajaran pencak silat layak digunakan untuk sekolah dasar. Saran yang dapat
penulis sampaikan yaitu guru dapat menggunakan media pembelajaran pencak
silat untuk mengajar penjas khususnya materi pencak silat agar dapat mencapai
tujuan pembelajaran.
Kata Kunci : media pembelajaran, pencak silat berkarakter, SD Banjarejo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 01:58
Last Modified: 20 Nov 2024 01:58
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8102

Actions (login required)

View Item
View Item