ARISKA, OKTAVIANI VIKA (2020) PENERAPAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 2 BLORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Oktaviani Vika Ariska.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Oktaviani Vika Ariska. NPM 15410151. Penerapan Media Film Pendek
dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama dada Peserta Didik Kelas XI SMA N 2
Blora Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni.
Pembimbing I Dr. Harjito, M.Hum. dan Pembimbing II Drs. Murywantobroto,
M.Hum. Mei 2019.
Kata Kunci: penerapan, media film pendek, menulis naskah drama.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fullday school yang membuat
peserta didik cenderung banyak melakukan kegiatan di sekolah, kemudian
menyebabkan peserta didik merasa kelelahan. Sehingga berakibat pada menurunnya
minat belajar ketika proses pembelajaran berlangsung. Melihat kondisi itu, diperlukan
media yang dapat menarik minat peserta didik dalam pembelajaran menulis naskah
drama. Sehingga dapat memotivasi siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran
tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media
film pendek dalam pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas X SMA N 2
Blora tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuannya adalah untuk mendeskripsikan
penerapan media film pendek dalam pembelajaran menulis naskah drama pada
peserta didik kelas XI SMA N 2 Blora tahun pelajaran 2018/2019.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 1 SMA N 2 Blora tahun pelajaran
2018/2019 sebanyak 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes dan
nontes. Teknik nontes berupa observasi, angket, dan wawancara. Dengan
menggunakan media film pendek dalam pembelajaran menulis naskah drama, peserta
didik memperoleh nilai rata-rata 81. Hal itu menunjukkan bahwa penerapan media
film pendek dinyatakan berhasil. Hasil dari pengumpulan data nontes dapat
disimpulkan bahwa peserta didik merasa pembelajaran yang berlangsung menjadi
lebih aktif dan inovatif.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru perlu memilih media yang
tepat digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 01:56 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 01:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8099 |