IHSAN, IRFAN ABDILLAH (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN MANGUNHARJO SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
IRFAN ABDILLAH IHSAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Irfan Abdillah Ihsan. NPM 15120353. “Keefektifan Model Pembelajaran
STAD berbantu Media puzzle Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V
SDN Mangunharjo Semarang”. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas
Ilmu
Pendidikan.
Universitas
PGRI
Semarang.
Muhajir,
S.Pd.,M.Hum., dan Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd. 2019.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya nilai mata
pelajaran Bahasa Indonesia terutama pada kemampuan berbicara siswa kelas V
SD Negeri Mangunharjo Semarang serta kurangnya penggunaan model
pembelajaran yang menarik sehingga antusias siswa dalam mengikuti
pembelajaran kurang dan siswa cenderung bersikap pasif.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “apakah model
pembelajaran STAD berbantu media puzzle efektif terhadap keterampilan
berbicara siswa kelas v SDN Mangunharjo Semarang?”. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran STAD
berbantu media puzzle terhadap keterampilan berbicara siswa kelas v SDN
Mangunharjo Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
Pretest-Posttest one-Group Design.
Hasil analisis data hasil belajar Pretest dan posttest dengan uji-t bahwa
diperoleh dengan nilai rata-rata pretest 52 dan rata-rata nilai posttest sebesar
80,75. Dengan N = 20, Diperoleh thitung = 9,765272 dengan taraf signifikan 5%
sebesar 1,729. Karena thitung =9,765272> ttabel = 1,729, Maka hal ini
menunjukkan bahwa uji t mempunyai efek yang signifikan. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat efek dari pembelajaran Model Student Teams
Achievement Division (STAD) berbantu media puzzle
Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah agar model STAD dan
media puzzle dapat dijadikan salah satu alternative dalam kegiatan belajar
mengajar agar proses pembelajaran bervariasi dan menyenangkan. Guru harus
lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan pembelajaran dikelas agar dapat
meningkatkan keaktifan serta minat belajar peserta didik dalam mengikuti
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 01:52 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 01:52 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8096 |