LOLIYANTI, OKTARISA (2020) MODEL APLIKASI TES GAYA BELAJAR BERBASIS ANDROID BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANYUBIRU. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
OKTARISA LOLIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
OKTARISA LOLIYANTI. NPM 14110087. “Model Aplikasi Tes Gaya
Belajar Berbasis Android Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Banyubiru”.
Skripsi Progran Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2019. Pembimbing I Heri Saptadi I, S.Pd., M.Pd.,
Kons Pembimbing II Chr. Argo Widiharto, S.Psi., M.Si.
Model Aplikasi Tes Gaya Belajar Berbasis Android Bagi Siswa Kelas VII
SMP Negeri 1 Banyubiru ini dilatarbelakangi oleh keinginan guru BK untuk
mmengungkap karakteristik gaya belajar pada diri siswa, akan tetapi instrumen
gaya belajar yang pernah digunakan dirasa kurang efisien ( praktis, menarik, &
ekonomis). Oleh karena itu, akan dibuat sebuah model aplikasi tes gaya belajar
yang efisien ( praktis, menarik, & ekonomis) dengan menyesuaikan karakteristik
siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research &
Development (R&D) menggunakan Prosedur penelitian pengembangan (Richey
and Klein, 2009). Penelitian yang dilakukan akan menghasilkan sebuah produk
berupa aplikasi tes gaya belajar berbasis android. Analisis yang digunakan untuk
menilai validitas produk tersebut menggunakan penilaian dari validator yang
expert pada bidangnya, yaitu ahli IT dan ahli Tata Bahasa. Penilaian dari user
(siswa) dan Guru BK untuk menilai keefektifan produk tersebut. Setelah itu
produk siap untuk di analisis bagaimanakah kekurangan dan kelebihan aplikasi
tersebut.
Berdasarkan hasil analisis validasi ahli IT menunjukkan hasil rata-rata
presentase keidealan sebesar 81,25% dengan kategori “Baik Sekali” dengan
catatan perbaikan. Kemudian, berdasarkan hasil analisis validasi ahli Tata Bahasa
menunjukkan hasil rata-rata presentase keidealan sebesar 93,40% dengan kategori
“Baik Sekali” dengan catatan perbaikan. Presentase keefektifan aplikasi tes gaya
belajar berdasarkan penilaian guru BK memperoleh presentase keidealan sebesar
86,70% dan penilaian dari user (siswa) sebesar 93,40% dengan kategori “Baik
Sekali” dengan catatan perbaikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
aplikasi tes gaya belajar berbasis android valid dan efisien ( praktis, menarik, &
ekonomis) digunakan bagi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyubiru, dengan
catatan perbaikan yang ada pada lembar penilaian.
Saran bagi guru pembimbing dapat memanfaatkan aplikasi tes gaya belajar
berbasis android untuk dapat memiliki raport diri siswa tentang tipe gaya
belajarnya. Bagi siswa dapat mengetahui tipe gaya belajar dan dapat dioptimalkan
sesuai gaya belajar yang dimiliki.
Kata kunci:Model Aplikasi Tes Gaya Belajar, Android.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 01:52 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 01:52 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8094 |