PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG

IRMAWATI, IRA (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of IRA.pdf] Text
IRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ira Irmawati. NPM 15110032.“Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
Dengan Teknik simulation Games Terhadap Manajemen Waktu Belajar
Peserta Didik Kelas XISMA Kesatrian 2 Semarang”. SkripsiProgram Studi
Bimbingan danKonseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas PGRI Semarang
2020. Siti Fitriana, S.Pd., M.Pd, Konssebagai dosen pembimbing I, dan Farikha
Wahyu L, S.Pd., M.Pdsebagai dosen pembimbing ke II.
Penelitian dengan judul pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik
simulation games terhadap manajemen belajar peserta didik kelas XI SMA
kesatrian 2 semarangini dilatar belakangi oleh fenomena rendahnya siswa dalam
mengatur manajemen belajar baik disekolah maupun diluar sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan
TrueEksperimental Design dengan desain Pretest Posttest Control Group
Design.Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMA kesatrian 2
semarangdenganjumlah199siswa.Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa yang
dibagi menjadidua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
denganmenggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling.
Hasil analisis dengan menggunakan Uji-t.Uji validitas instrument penelitian
menggunakan rumus Product Moment,dan dilanjutkan uji reliabilitas menggunakan
rumus Alpha. Hasil uji validitasinstrument diperoleh butir instrument yang valid 30
butir dan 10 butir tidak validdigugurkan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,334.
Hasil pretest menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 17,2 dan
kelompok kontrol menunjukkan rata-rata 17,675 sedangkan hasil posttest
menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 21 dan kelompok kontrol
menunjukkan rata-rata 17,675. Terjadi peningkatan rata-rata kelompok eksperimen
sebesar 3, 325 poin dan rata-rata kelompok kontrol sebesar 0 poin.
Sesuai hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis dengan
menggunakan uji t. Diketahui bahwa tabel diperoleh dari dk = (nk-1) + (ne-1) - 1,
atau (10-1) + (10-1) – 1= 9+9-1 = 17 sebesar sebesar 9,686 pada taraf signifikan
5%. Berarti thitung (9,686 ) > ttabel (2,110) sehingga hipotesis kerja (Ha) berbunyi
“diterima” Ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap manajemen waktu belajar
siswa SMA Kesatrian 2 Semarang.
hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya guru
pembimbing dapat meneruskan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan
teknik simulationgamesterhadap semua siswa untukmembantu mengatasi
permasalahan manajemen waktu belajar.
Kata kunci : Bimbingan kelompok, SimulationGame, Manajemen Waktu
Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 01:50
Last Modified: 20 Nov 2024 01:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8093

Actions (login required)

View Item
View Item