PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IV DI SDN 1 KENTENG KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN

SOFIANI, IRA FITRIA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IV DI SDN 1 KENTENG KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of IRA FITRIA SOFIANI.pdf] Text
IRA FITRIA SOFIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

IRA FITRI SOFIANI. NPM 16120245. “Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Take And Give Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV Di SDN 1 Kenteng
Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS). Hal ini
disebabkan karena siswa kurang tertarik dengan materi karena metode yang tidak
mendukung sehingga pembelajaran tidak efektif. Solusi yang ditawarkan oleh
peneliti adalah supaya model pembelajaran take and give dijadikan sebagai salah
satu alternatif guru dalam mengajar secara efektif untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Take and Give pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV SDN 1 Desa Kenteng, Kec. Toroh, Kab.
Grobogan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
prestasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take
and Give pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV SDN 1
Desa Kenteng, Kec. Toroh, Kab. Grobogan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah
kelas IV SDN 1 Kenteng yang terdiri dari 27 siswa tahun pelajaran 2020-2021..
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan
wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar
pada materi sumber daya alam yang dapat dilihat berdasarkan daftar nilai sebelum
dan sesudah penerapan model pembelajaran take and give.
Kesimpulannya, bahwa model pembelajaran take and give efektif pada mata
pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas IV SDN 1 Desa Kenteng, Kec.
Toroh, Kab. Grobogan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran take and give dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, take and give, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 01:48
Last Modified: 20 Nov 2024 01:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8091

Actions (login required)

View Item
View Item