ANALISA SIKAP GURU PENJAS TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI DAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KECAMATAN BONANG

Alfarizqi, Oka (2020) ANALISA SIKAP GURU PENJAS TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI DAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KECAMATAN BONANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Oka Alfarizqi.pdf] Text
Oka Alfarizqi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Oka Alfarizqi. NPM. 16230068. “Analisa Sikap Guru Penjas Terhadap
Penggunaan Informasi Dan Teknologi Komunikasi Dalam Pembelajaran Daring
Di Kecamatan Bonang”, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
Rekreasi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan.
Universitas PGRI Sermarang, 2020. Pembimbing I Fajar Ari Widiyatmoko, S.Pd.,
M.Pd. dan Pembimbing II Dani Slamet Pratama, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah literasi informasi, teknologi dan
komunikasi menjadi faktor penting dalam pembelajaran daring selama masa
pandemi covid-19. Masih ada yang belum mampu menerapkan pembelajaran
daring dikarenakan keterbatasan teknologi mengenai sikap guru penjas antar
jenjang dalam pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah terdapat perbedaan media pembelajaran penjas antar jenjang
dan perbedaan sikap guru penjas antar jenjang dalam pembelajaran daring.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif
metode penelitian survei cross-sectional, semua data dianalisis menggunakan
Statistical Package for the Social Sciences (SPSS versi 20.0). Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling yaitu keseluruhan dari
jumlah populasi, sampel dalam penelitian ini berjumlah 101 guru penjas dari
semua antar jenjang.
Hasil penelitian sikap guru penjas menunjukkan bahwa adanya perbedaan
signifikan berdasarkan jenis kelamin diperoleh hasil nilai sig 0,000 < α (0,05).
Berdasarkan usia yaitu usia 20-40 tahun dan usia lebih dari 40 tahun diperoleh
nilai Sig. sebesar 0,000 < α (0,0. Berdasarkan kelompok lama mengajar yaitu :
lama mengajar 1-5 tahun, lama mengajar 6-10 tahun dan lama mengajar lebih dari
10 tahun diperoleh nilai Sig. 0,001 < α (0,05). Berdasarkan hasil uji analysis of
variance anova diperoleh nilai Fhitung. 4,073 dengan Ftabel (5%, df1=2,df2=98)
sebesar 3,09 dengan nilai sig. 0,000. Karena Fhitung > Ftabel dan Sig. < α (0,05).
Maka hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan media antar jenjang
dan sikap guru penjas antar jenjang terhadap penggunaan informasi, teknologi dan
komunikasi dalam pembelajaran daring di Kecamatan Bonang.
Kata kunci : Sikap Guru Penjasorkes, Informasi, Teknologi dan Komunikasi,
Pembelajaran Daring.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 01:49
Last Modified: 20 Nov 2024 01:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8090

Actions (login required)

View Item
View Item