CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM PERCAKAPAN GURU DAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP N 27 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PUTRA, OGAN JULIO (2020) CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM PERCAKAPAN GURU DAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP N 27 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ogan julio.pdf] Text
ogan julio.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ogan Julio Putra. NPM 15410070. Campur Kode dan Alih Kode dalam
Percakapan Guru dan Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas
VIII SMP N 27 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh penggunaan campur kode dan alih kode yang digunakan oleh
guru dan peserta didik pada saat pembelajaran bahasa Indonesia di dalam kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana campur kode dan
alih kode dalam percakapan guru dan peserta didik pada pembelajaran bahasa
Indonesia kelas VIII SMP N 27 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun
tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dan alih kode
dalam percakapan guru dan peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas
VIII SMP N 27 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan teknik dasar dan teknik
lanjutan. Teknik dasar yang digunakan dalam pemerolehan data adalah dengan
teknik sadap. Teknik lanjutan yang digunakan yaitu, teknik simak bebas libat cakap
(SBLC), teknik rekam dan teknik cakap. Adapun teknik dan metode analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode agih dengan teknik bagi unsur
langsung (BUL).
Hasil penelitian ini ditemukan berbagai bentuk campur kode dan alih kode
dalam percakapan guru dan peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Bentuk campur kode yang ditemukan meliputi campur kode internal dan campur
kode eksternal. Campur kode internal sebanyak 17 data (65%) terjadi pada tataran
kata, frasa dan klausa, sedangkan campur kode eksternal sebanyak 5 data (19%)
terjadi pada tataran kata dan frasa. Selanjutnya, bentuk alih kode yang ditemukan
meliputi alih kode internal dan alih kode eksternal. Alih kode internal ditemukan 3
data (11%) berupa alih kode dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa,
sedangkan alih kode eksternal 1 data (3%) yang ditemukan yaitu alih kode dari
bahasa Indonesia ke bahasa Arab. Hasil penelitian yang ditemukan didominasi
terjadinya campur kode internal baik digunakan guru maupun peserta didik di kelas
yang berbeda.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah bahwa
guru agar memperhatikan penggunaan campur kode dan alih kode dalam
pembelajaran. Penggunaan dua bahasa atau lebih dapat dilakukan selama
diperlukan sebagai stategi komunikasi untuk mempermudah menyampaikan
informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 01:46
Last Modified: 20 Nov 2024 01:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8087

Actions (login required)

View Item
View Item