PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP INSTITUT INDONESIA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DEWI, INTANNIA CAHYA (2020) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP INSTITUT INDONESIA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Intannia Cahya Dewi.pdf] Text
Intannia Cahya Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Intannia Cahya Dewi, NPM 15410209. Penerapan Model Discovery
Learning dalam Pembelajaran Teks Persuasi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP
Institut Indonesia Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Nanik
Setyawati, S.S., M.Hum. dan Pembimbing II Larasati, S.Pd., M.Pd., Juli 2019.
Kata Kunci: Penerapan model discovery learning, pembelajaran teks
persuasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis pada
peserta didik kelas VIII SMP Institut Indonesia Semarang, khususnya
keterampilan menulis teks persuasi. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan
penerapan model tertentu untuk meningkatkan keterampilan menulis teks persuasi
pada peserta didik kelas VIII SMP Institut Indonesia Semarang. Model yang
diterapkan adalah model discovery learning.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model discovery learning dalam pembelajaran teks persuasi pada peserta didik
kelas VIII SMP Institut Indonesia Semarang tahun pelajaran 2018/2019? Adapun
tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning
dalam pembelajaran teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Institut
Indonesia Semarang tahun pelajaran 2018/2019.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa nilai-nilai
yang diperoleh peserta didik dalam pembelajaran menulis teks persuasi,
sedangkan sumber data pada penelitian ini yaitu guru dan peserta didik. Penelitian
ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes. Teknik
penyajian hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif
yaitu mendeskripsikan penerapan model discovery learning dalam pembelajaran
teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Institut Indonesia Semarang
tahun pelajaran 2018/2019.
Proses penerapan model discovery learning ini, pendidik memberikan
tugas membuat teks persuasi berdasarkan struktur dan kebahasaan sesuai dengan
penemuan ide kreatif yang peserta didik peroleh. Hasil menulis teks persuasi
dengan penerapan model discovery learning pada peserta didik kelas VIII SMP
Institut Indonesia Semarang tahun pelajaran 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 84.
Nilai rata-rata peserta didik tersebut sudah memenuhi standar nilai KKM yang
ditetapkan oleh pihak sekolah yaitu 70. Hal ini dapat dilihat dari nilai tertinggi
yang didapat peserta didik adalah 91 – 96 terdapat 11 peserta didik dengan
kategori sangat baik, nilai 85 – 90 terdapat 4 peserta didik dengan kategori baik,
nilai 79 – 84 terdapat 5 peserta didik, dan nilai 73 – 78 terdapat 7 peserta didik,
serta nilai 67 – 72 terdapat 3 peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa model discovery learning dapat diterapkan dalam pembelajaran teks
persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Institut Indonesia Semarang tahun
pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 01:44
Last Modified: 20 Nov 2024 01:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8086

Actions (login required)

View Item
View Item