ULFAH, INTAN HANIYA (2020) ANALISIS PENGGUNAAN KALIMAT EKUASIONAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA PGRI 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
INTAN HANIYA ULFAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Intan Haniya Ulfah, NPM 15410234.Analisis Penggunaan Kalimat
Ekuasional dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi
Karangan Peserta Didik Kelas X SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2019/2020.
Pembimbing I Nanik Setyawati, S.S., M.Hum. dan Pembimbing II Icuk Prayogi,
S.S., M.A.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang sering kali
melakukan kesalahan dalam menulis kalimat ekuasional terutama penggunaan
pengantar predikat atau kopula. Peserta didik terkadang masih belum tepat dalam
memilih kopula atau pengantar predikat pada kalimat ekuasional yang
ditulis.Peserta didik sering kali tertukar dalam menggunakan kopula adalah dan
merupakan ataupunkata hubung yaitu serta apa saja penyebab dari kalimat
ekuasional itu sendiri.
Rumusan masalah pada penelitian ini meliputi (1) bagaimana wujud
penggunaan kalimat ekuasional peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Pati tahun
pelajaran 2019/2020? dan (b) apa fungsi-fungsi kalimat ekuasional? Adapun
tujuan penelitian ini meliputi: (a) untuk mendeskripsikan penggunaan kalimat
ekuasional pada teks laporan observasi karangan peserta didik kelas X SMA PGRI
1 Pati tahun pelajaran 2019/2020 dan (b) mendeskripsikan fungsi-fungsi kalimat
ekuasional.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian analisis dokumen dengan
pendekatan kualitatif dan menggunakan metode simak dan metode catat. Dalam
hal ini, data yang disimak berupa bahasa tulis. Teknik catat yang digunakan
dengan menggunakan kartu data dan dilanjutkan dengan pengklasifikasian.
Berdasarkan hasil penelitian, wujud penggunaan kalimat ekuasional pada
teks laporan hasil observasi karangan peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Pati
meliputi (1) penggunaan kopula adalah terdapat 91 data dengan penggunaan yang
tepat sebanyak 33 data dan yang belum tepat sebanyak 58 data, (2) Kopula
merupakan terdapat 9 data dengan 7 data yang sudah tepat dan 2 data yang belum
tepat, (3) penggunaan kopula verbal dinamis terdapat 3 data.kalimat ekuasional
yang dapat menggunakan kopula adalah dan merupakan terdapat 6 data, (4)
Terdapat 3 data yang tidak menggunakan kopula dan terdapat 29 data peserta
didik yang menggunakan kata hubung yaitu, (5) fungsi-fungsi kalimat ekuasional
yaitu topikalisasi, pemanjangan subjek, dan pemindahan fokus.
Saran yang dapat disampaikan penulis yaitu guru hendaknya memberi
evaluasi dan pelatihan kepada peserta didik dalam pembelajaran menulis terutama
pada penggunaan penanda verba agar kesalahan yang sama yang dilakukan oleh
peserta didik tidak terulang kembali dan dapat dipahami dengan baik oleh peserta
didik.Peserta didik hendaknya lebih cermat dalam menggunakan dan memilih
penanda verba dalam kalimat ekuasional dan menggunakan kalimat yang sesuai
dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar agar terjadi kesalahan
penulisan.
Kata kunci: kopula, teks laporan hasil observasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 01:42 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 01:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8083 |