PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SINDANGWANGI 03 KABUPATEN BREBES

ANGGRAENI, INTAN (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SINDANGWANGI 03 KABUPATEN BREBES. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Intan Anggraeni 16120029.pdf] Text
Intan Anggraeni 16120029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

INTAN ANGGRAENI.NPM 16120029. “Pengaruh Pembelajaran E-Learning
Berbasis Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN
Sindangwangi 03 Kabupaten Brebes”. Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing I IFine Reffiane,
S.Pd, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran masih terpacu
menggunakan model konvensional, kurangnya motivasi belajar siswa, dan siswa
kurang memperhatikan saat proses pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh
pembelajaran e-learning berbasis media sosialterhadap motivasi belajar siswa
kelas IV SDN Sindangwangi 03 kabupaten Brebes?. Tujuan yang hendak dicpai
pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e-learning
berbasis media sosialterhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Sindangwangi
03 kabupaten Brebes.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan
model Pre Experimental Design bentuk one group pretest-posttest design.Dalam
penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sindangwangi
03 kabupaten brebes. Sampel dari penelitian ini menggunakan kelas IV SD Negeri
Sindangwangi 03 kabupaten Brebes dengan jumlah 24 siswa, yang menggunakan
teknik Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara,
angket dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data, diketahui rata-rata skor motivasi akhir
siswa
lebih
tinggi
dibandingkan
rata-rata
skor
motivasi
awal
siswa
(80,708>39,583).Sedangkan hasil rata-rata skor motivasi akhir yang oleh orang
tua lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor motivasi awal (82,500>41,417). Hasil
analisis uji-t satu pihak diperoleh hasil sebesar 26,508 dan sebesar
1,714 dan taraf signifikan 0,05, karena yaitu 26,508 1,714
sehingga ditolak dan diterima. Sedangkan hasil perhitungan uji-t orang
tua/wali siswa diperoleh sebesar 30,429 dan sebesar 1,714.dan taraf
signifikan 0,05, karena yaitu 30,429 1,714 sehingga ditolak
dan diterima, artinya ada pengaruh pembelajaran E-Learning berbasis media
sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Sindangwangi 03 Kabupaten
Brebes.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya guru dapat memanfaatkan kemajuan teknologi,Sehingga pembelajaran E-
Learning dapat terus dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi lainnya
untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan mengikuti perkembangan
zaman.
Kata kunci : Motivasi Belajar, Pembelajaran E-Learning , Media Sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 01:40
Last Modified: 20 Nov 2024 01:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8079

Actions (login required)

View Item
View Item