EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 6 SEMARANG

GUPITA, INMAS SANIDYA (2020) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 6 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INMAS SANIDYA GUPITA.pdf] Text
INMAS SANIDYA GUPITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Inmas Sanidya Gupita. 14110137.” Efektivitas Layanan Bimbingan
Klasikal melalui Metode Diskusi terhadap Penyesuaian Diri Siswa SMP Negeri
6 Semarang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dra. Tri Suyati, M. Pd
Pembimbing II Farikha Wahyu Lestari, S. Pd., M.Pd November. 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi sebagai berikut: ada beberapa siswa ingin
pindah kelas lain dengan dengan alasan tidak nyaman, sering melamun di dalam
kelas,siswa sering tidak dapat menyelesaikan tugas sekolah, tidak dapat
memusatkan perhatian di kelas, merasa ada teman yang menjengkelkan..
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain
penelitian One-gruop Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa
kelas VII SMP Negei 6 Semarang yang berjumlah 246 siswa yang terdiri dari 8
kelas. Sampel diambil secara undi yaitu dengan jumlah 216 siswa dari kelas VII B
sampai VII H untuk mencari dua kelas yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas
kontrol dengan menggunakan cluster random sampling. Data penelitian ini
diperoleh melalui wawancara, observasi dan skala Likert. Validitas instrumen
menggunakan rumus Product Moment. Reliabilitas instrumen skala Likert
menggunakan rumus Alpha.
Hasil perhitungan menggunakan analisis uji t diperoleh hasil thitung sebesar
7,30 dan ttabel diperoleh dari db = n-2 sebesar 2,009 pada taraf signifikan 5%.
Berarti thitung (7,30) > ttabel (2,009), maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi
“Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal melalui Metode Diskusi terhadap
Penyesuaian Diri Siswa SMP Negeri 6 Semarang” diterima. Sedangkan hipotesis
nihil (Ho) yang berbunyi “Layanan Bimbingan Klasikal melalui Metode Diskusi
tidak Efektiv terhadap Penyesuaian Diri Siswa SMP Negeri 6 Semarang” ditolak
pada taraf signifikansi 5%.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di
sekolah memberikan layanan lanjutan berkenaan dengan penyesuaian diri.
Kata kunci : Bimbingan Klasikal, Metode Diskusi, Penyesuaian Diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 08:28
Last Modified: 19 Nov 2024 08:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8074

Actions (login required)

View Item
View Item