PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP N 12 SEMARANG

ARDIANSYAH, CHAIRUL RIZAL (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP N 12 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Chairul.pdf] Text
Chairul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Chairul Rizal Ardiansyah. NPM. 15110037. Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Model Think Pair Share terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa
SMP N 12 Semarang. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kedisiplinan
belajar siswa kelas VII SMP N 12 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan model Think Pair
Share terhadap kedisiplinan belajar siswa SMP N 12 Semarang.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Model Think Pair Share berpengaruh terhadap Kedisiplinan
Belajar Siswa SMP N 12 Semarang.
Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP SMP N 12
Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperiment Control Design.
Sampel dalam penelitian berjumlah 24 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok
eksperimen 12 siswa dan kelompok control 12 siswa.
Hasil penelitian diperoleh hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti
di SMP N 12 Semarang yang dimulai dari tahap pengumpulan data, treatment atau
pemberian layanan, dan analisis data dengan rumus t-tes maka diperoleh hasil thitung
sebesar dan ttabel db N-1 = 37 sebesar 1,76 dengan taraf signifikan 0,05 (5%).
Karena thitung 4,075 > ttabel 1,76 maka dapat disimpulkan bahwa, “Layanan
bimbingan kelompok melalui model Berpikir Berpasangan Berbagi (Think Pair
Share) efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VII SMP N 12
Semarang”.
Saran yang dapat disampaikan hendaknya guru pembimbing memberikan
layanan bimbingan kelompok dengan teknik Think Pair Share untuk meningkatkan
kedisiplinan belajar siswasiswa.
Kata kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Model Think Pair Share,
Kedisiplinan Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 08:27
Last Modified: 19 Nov 2024 08:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8073

Actions (login required)

View Item
View Item