PENGGUNAAN MEDIA MONTASE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 02 TANJUNGSARI PEMALANG

SHOLIKHAH, INGGI ROSIAMALI (2020) PENGGUNAAN MEDIA MONTASE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 02 TANJUNGSARI PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INGGI ROSIAMALI.pdf] Text
INGGI ROSIAMALI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

INGGI ROSIAMALI SHOLIKHAH. 16120187. “Penggunaan Media
Montase Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata
Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya tingkat kemampuan
berpikir kritis siswa terutama pada mata pelajaran IPA dimana siswa masih sering
menggunakan sistem hafalan daripada memahami isi materi pembelajaran dan
masih rendahnya pemanfaatan media selama pembelajaran berlangsung.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media
montase dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata
pelajaran IPA kelas V SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan media montase terhadap
kemampuan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V
SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang.
Jenis penelitian adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan rancangan One Group pretest-posttest design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang yang
berjumlah 24 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri
02 Tanjungsari Pemalang yang berjumlah 24 siswa. Data dikumpulkan dengan
menggunakan tes uraian kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis dengan
analisis statistik, uji gain score, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis
menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata
pelajaran IPA dengan menggunakan media montase dengan hasil yang diperoleh
sebesar thitung = 9,64581 > ttabel = 2,06866.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan ada peningkatan kemampuan
berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V setelah diberikan media
montase. Berdasarkan rata-rata nilai pretest adalah 59 dan nilai rata-rata posttest
adalah 76. Hal ini terbukti pada analisis akhir menggunakan uji n gain diperoleh
bahwa sebanyak 16 siswa (66,7%) memiliki tingkat N-Gain dalam kategori
“Sedang”.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya media montase digunakan sebagai salah satu alternatif guru mengatar
terutama pada mata pelajaran IPA materi Organ Gerak Manusia dan Hewan.
Kata kunci : Media Montase, Kemampuan Berpikir Kritis, IPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 08:26
Last Modified: 19 Nov 2024 08:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8071

Actions (login required)

View Item
View Item