ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA PENULISAN SURAT DINAS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HIDAYATI, INGGAR PUJI (2020) ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA PENULISAN SURAT DINAS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Inggar Puji Hidayati.pdf] Text
Inggar Puji Hidayati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Inggar Puji Hidayati. 15410137. Analisis Kesalahan Ejaan pada Penulisan Surat
Dinas Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun
Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas
PGRI Semarang. Pembimbing I Nanik Setyawati, S.S., M.Hum. dan Pembimbing
II Rawinda Fitrotul Mualafina, S.S., M.A.
Penelitian ini dilatarbelakangi kesalahan yang dilakukan peserta didik. Hal
ini terjadi akibat kurang pahamnya peserta didik terhadap ejaan yang digunakan
atau mungkin faktor lain seperti ketidaksengajaan saat menulis surat dinas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah wujud
kesalahan ejaan pada penulisan surat dinas peserta didik kelas VII SMP Negeri 2
Pangkah Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan penelitian
ini untuk mendeskripsikan wujud kesalahan ejaan pada penulisan surat dinas
peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Kabupaten Tegal tahun pelajaran
2018/2019.
Data dikumpulkan dari hasil menulis surat dinas peserta didik kelas VII.
Metode dan teknik penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode simak dan teknik catat. Metode simak digunakan untuk menyimak dengan
cara membaca surat dinas yang sudah dibuat oleh peserta didik kelas VII. Teknik
catat digunakan untuk pencatatan pada kartu data yang dilanjutkan dengan
klasifikasi. Metode analisis data menggunakan metode agih dengan teknik
kualitatif deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan wujud kesalahan
ejaan dalam surat dinas peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Kabupaten
Tegal. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal, yaitu
perumusan dengan mendeskripsikan dengan kata atau kalimat.
Berdasarkan hasil analisis kesalahan ejaan pada surat dinas peserta didik
kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019
meliputi: (a) kesalahan penulisan huruf kapital atau huruf besar; (b) kesalahan
penulisan huruf miring; (c) kesalahan penulisan kata dasar; (d) kesalahan
penulisan gabungan kata; (e) kesalahan penulisan kata depan; (f) kesalahan
penulisan partikel; (g) kesalahan penulisan singkatan dan akronim; (h) kesalahan
penulisan angka dan bilangan; (i) kesalahan penggunaan tanda titik (.); (j)
kesalahan penggunaan tanda koma (,); (k) kesalahan penggunaan tanda titik koma
(;); (l) kesalahan penggunaan tanda dua (:); (m) kesalahan penggunaan tanda
hubung (-); (n) kesalahan penggunaan tanda pisah (—); (o) kesalahan penggunaan
tanda garis miring (/). Kesalahan paling banyak ditemukan adalah kesalahan
penulisan huruf kapital atau huruf besar sebanyak 98,15%; kesalahan penulisan
singkatan dan akronim sebanyak 45,35%; dan kesalahan penggunaan tanda titik
(.) sebanyak 39,91%. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru hendaknya
lebih sering memberikan latihan rutin tentang ejaan, sehingga kesalahan ejaan
dapat berkurang.
Kata Kunci: analisis kesalahan, ejaan, penulisan, surat dinas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 08:24
Last Modified: 19 Nov 2024 08:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8070

Actions (login required)

View Item
View Item