AMALIA, NURULITA ANISA (2020) ANALISIS PEMAHAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI BERMAIN PERAN DI KELAS II SDN PANDEANLAMPER 05 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NURULITA ANISA AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
NURULITA ANISA AMALIA. NPM 16120147. “Analisis Pemahaman Nilai-
Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Bermain Peran di
Kelas II SDN Pandeanlamper 05 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2020.
Dosen Pembimbing I, Ikha Lisyarini, S.Pd., M.Hum. Dosen Pembimbing II
Muhammad Arief Budiman, S.S., M.Hum.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksmilanya pendidikan
karakter yang ada disekolah, pendidikan karakter masih kurang merata antara
kelas tinggi dan kelas rendah. Karena nilai karakter pada saat ini masih belum
terungkap dan belum dianalisa lebih lanjut, pendidikan karakter bagi anak SD
dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan supaya dapat menjadi
kebiasaan kelak dewasa atau pada jenjang selanjutnya. Oleh karena itu peneliti
menerapkan bermain peran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas II di
SDN Pandeanlamper 05 Semarang.
Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, metode penelitian
yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada
kondisi obyek yang alamiah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,
dokumentasi dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi.
Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, seleksi data, menyajikan
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penellitian menunjukkan ada beberapa nilai-nilai karakter yang
terintegrasi dalam main peran yaitu nilai religius, nilai disiplin, nilai jujur, nilai
kerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat
kebangsaan, nilai bersahabat/komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar
membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, nilai demokratis, dan nilai
tanggungjawab. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan
adalah supaya bermain peran dapat digunakan sebagai salah satu altenatif guru
dalam mengajar di kelas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 08:24 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 08:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8068 |