EFEKTIVITAS MODEL PROBING PROMPTING DAN MODEL LAPS-HEURISTIK BERBANTU ADOBE FLASH CS3 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

ALIFIANTI, INGGA (2020) EFEKTIVITAS MODEL PROBING PROMPTING DAN MODEL LAPS-HEURISTIK BERBANTU ADOBE FLASH CS3 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INGGA ALIFIANTI.pdf] Text
INGGA ALIFIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kini menjadi sorotan, berdasarkan pengamatan pembelajaran
di sekolah, guru aktif menerangkan sedangkan siswa pasif. Penelitian ini
bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran Probing Prompting dan
LAPS-Heuristik berbantu Adobe Flash CS3 terhadap hasil belajar siswa, terdapat
perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model Probing Prompting dan
LAPS-Heuristik berbantu Adobe Flash CS3 dan pembelajaran Konvensional
dengan metode ceramah. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA
Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal Tahun Ajaran 2020/2021. Dengan
menggunakan cluster random sampling diperoleh kelas XI MIPA C sebagai kelas
eksperimen 1 atau model pembelajaran Probing Prompting berbantu Adobe Flash
CS3, XI MIPA A sebagai kelas eksperimen 2 atau model pembelajaran LAPS-
Heuristik berbantu Adobe Flash CS3 dan XI MIPA B sebagai kelas kontrol atau
model konvensional dengan metode ceramah. Secara umum, hasil penelitian
menunjukkan (1) Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pada siswa yang
menggunakan model Probing Promting dan model LAPS-Heuristik berbantu
Adobe Flash CS3 dengan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. (2)
Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Probing Promting
berbantu Adobe Flash CS3 lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran
konvensional dengan metode ceramah. (3) Rata-rata hasil belajar siswa yang
menggunakan model LAPS-Heuristik berbantu Adobe Flash CS3 lebih baik
dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. (4)
Tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model
Probing Promting berbantu Adobe Flash CS3 dan model LAPS-Heuristik
berbantu Adobe Flash CS3. (5) Hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan KKM
dalam menggunakan model Probing-Promting berbantu Adobe Flash CS3 dan
model LAPS-Heuristik berbantu Adobe Flash CS3. Dari hasil penelitian
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Probing Prompting dan
LAPS-Heuristik berbantu Adobe Flash CS3 lebih efektif dari pada pembelajaran
konvensional dengan metode ceramah.
Kata Kunci: Probing Prompting; LAPS-Heuristik; Adobe Flash CS3; Hasil
belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 08:22
Last Modified: 19 Nov 2024 08:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8067

Actions (login required)

View Item
View Item