EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 AMBARAWA

PUTRA, INDRAYANA SULISTIA (2020) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 AMBARAWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INDRAYANA SULISTIA PUTRA.pdf] Text
INDRAYANA SULISTIA PUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indrayana Sulistia Putra. 15110108.” Efektivitas Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Problem Solving Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas
X IPA SMA Negeri 1 Ambarawa”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Heri Saptadi Ismanto, S. Pd.,
M. Pd., Kons, Agus Setiawan, S. Pd., M. Pd. Desember. 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa masalah yang muncul adalah belum banyak
mengenal lingkungan sekolah, kesulitan mengatur waktu belajar dan bermain, belum
banyak teman atau sahabat, banyak siswa yang gaduh dan berbicara di dalam kelas
saat jam pelajaran berlangsung, ada siswa yang melamun, beberapa siswa dihukum
karena tidak mengerjakan tugas, ada beberapa siswa yang tidak disenangi karena suka
membuat kegaduhan di dalam kelas dan mengganggu konsentrasi belajar, tidak senang
dengan siswa yang senang meminta kunci jawaban dan tugas, tidak senang dengan
siswa yang senang mengadu domba, dan ada yang menyatakan bahwa di dalam kelas
ada siswa yang kurang ramah, ada beberapa siswa yang memilih dalam bergaiul
dengan kelompok-kelompok tertentu, beberapa siswa yang kurang memiliki sopan
santun dalam berkomunikasi maupun dalam bergaul. Masalah pokok yang dikaji
adalah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving
terhadap penyesuaian diri siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Ambarawa.
Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan pretest-
posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA
SMA Negeri 1 Ambarawa, yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah 249 siswa, satu
kelas digunakan untuk try-out, sedangkan sampelnya terdiri dari satu kelas yang
digunakan sebagai sampel penelitian. Jumlah keseluruhan sampel adalah 30 siswa.
Teknik pengambilan sampel dalam peneliti ini adalah menggunakan teknik cluster
random sampling. Nilai penyesuaian diri diperoleh dari nilai pre-test dan post-test.
Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah korelasi product moment dan
reliabilitas menggunakan rumus alpha.
Hasil perhitungan menggunakan rumus t-test diperoleh perbedaan bahwa
posttest diantara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol terhadap
penyesuaian diri dengan menggunakan rumus uji t didapatkan sebesar thitung sebesar
10,3 sedangkan ttabel sebesar 2,021 dengan db = (n1+n2)-2 = (15+15)-2=28 dan taraf
signifikan 5% maka thitung lebih besar dari berarti ttabel artinya Ho ditolak dan Ha
diterima, sehingga dapat disimpulkan dengan melalui hipotesis yang berbunyi
“layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif untuk
meningkatkan penyesuaian diri siswa di SMA Negeri 1 Ambarawa”.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di sekolah
memberikan layanan lebih lanjutan melalui kegiatan konseling kelompok berkenaan
dengan penyesuaian diri siswa.
Kata kunci : Bimbingan Kelompok,Teknik Problem Solving, Penyesuaian Diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 08:13
Last Modified: 19 Nov 2024 08:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8056

Actions (login required)

View Item
View Item