ARIFAH, NURUL (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI MATERI JENIS- JENIS PEKERJAAN KELAS IV SDN MOJO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NURUL ARIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
NURUL ARIFAH. NPM 15120358. “Pengembangan Media Permainan
Monopoli Materi Jenis-jenis Pekerjaan Kelas IV SDN Mojo”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. Pembimbing I Dr Endah Rita S.D, Si, Msi. dan Pembimbing II
Wawan Priyanto, S.Pd., M.Pd. 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peserta didik kelas
IV sekolah dasar masih merasa kesulitan dalam pemahami materi jenis-jenis
pekerjaan dikarenakan kurangnya ketertarikkan peserta didik, keaktifan peserta
didik rendah, serta tidak fokus pada saat proses pembelajaran. Oleh karena itu
guru dan peserta didik membutuhkan adanya media yang inovatif dan interaktif
salah satunya dengan mengembangkan media permainan monopoli jenis-jenis
pekerjaan kelas IV sekolah dasar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya; 1) bagaimanakah
karakteristik media permainan monopoli materi jenis-jenis pekerjaan? dan 2)
bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan media permainana monopoli jenis-jenis
pekerjaan kelas IV sekolah dasar?. Tujuan dalam penelitian pengembangan ini
adalah mengetahui dan menganalisis kevalidan dan kepraktisan pengembangan
media permainan monopoli jenis-jenis pekerjaan kelas IV sekolah dasar.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research
and Development (R&D). Pengembangan media permainana monopoli jenis-jenis
pekerjaan hanya sampai pada tahap ke lima yaitu merevisi hasil uji coba (main
product revision). Penelitian dan pengembangan media dilaksanakan di kelas IV
SDN Mojo dan SDN 3 Manggungsari.
Hasil penelitian diperoleh dari validasi media dan materi. Hasil dari ketiga
ahli media menunjukkan rerata persentase 95,10% dan hasil dari ketiga ahli materi
menunjukkan rerata persentase 96,11%. Hasil analisis dari respon guru dan
peserta didik, yaitu respon guru kelas IV dari kedua kelas didapat hasil rerata
persentase 95% sedangkan hasil rerata persentase dari angket respon peserta didik
kelas IV adalah 95,5%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media permainan
monopoli jenis-jenis pekerjaan yang dikembangkan termasuk dalam kategori
“Sangat Baik” untuk digunakan di kelas IV.
Berdasarkan hasil penelitian, media permainan monopoli materi jenis-jenis
pekerjaan kela IV dapat digunakan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
media pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 08:12 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 08:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8055 |