WIJAYANTI, INDAH (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 02 PESUCEN PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
INDAH WIJAYANTI-16120366.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
INDAH WIJAYANTI. NPM 16120366. “Keefektifan Model Problem Based
Learning Berbantu Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 02
Pesucen Pemalang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. 2020. Pembimbing I Dr.
Rahmat Rais, S.Ag., M.Ag dan Pembimbing II Mira Azizah, S.Pd., M.Pd.
Data awal yang diperoleh hasil belajar IPA di kelas V masih rendah. Hal ini
disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru belum inovatif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model Problem Based
Learning berbantu media diorama efektif terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN
02 Pesucen Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model
Problem Based Learning berbantu media diorama efektif terhadap hasil belajar
IPA kelas V SDN 02 Pesucen Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Penelitian ini bersifat Pre-
Experimental Design dengan bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah
One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas V SDN 02 Pesucen Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel
penelitian diambil dengan teknik Nonprobability sampling dengan jenis sampling
jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi dan
wawancara.
Berdasarkan analisis diperoleh data yang berdistribusi normal. Data yang
digunakan hasil dari pretest, pada hasil pretest menunjukkan rata-rata 58,645.
Setelah diberikan perlakuan menggunakan model problem based learning
berbantu media diorama didapatkan hasil berupa posttest yang menunjukkan rata-
rata 82,968. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel
yaitu 10,550 > 2,042 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Simpulan dalam penelitian ini adalah model problem based learning
berbantu media diorama efektif terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 02
Pesucen Pemalang. Saran dalam penelitian ini untuk guru agar lebih berinovasi
dalam pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran yang
inovatif agar siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran di kelas. Untuk siswa
lebih aktif, menumbuhkan motivasi dan minat belajar agar memahami materi yang
disampaikan oleh guru.
Kata kunci: keefektifan, problem based learning, diorama, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 08:05 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 08:05 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8051 |