PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 29 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WULAN, INDAH TRI (2020) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 29 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INDAH TRI WULAN.pdf] Text
INDAH TRI WULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indah Tri Wulan. NPM 15410152 “Penerapan Model Contextual
Teaching and Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Peserta
Didik Kelas VIII SMP Negeri 29 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Agus Wismanto, B.Sc., S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II R. Yusuf Sidiq
Budiawan, S.Pd., M.A.. November 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi keterampilan menulis yang masih rendah
pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Semarang, khususnya keterampilan
menulis teks eksposisi. Melihat kondisi itu perlu diupayakan model tertentu agar
peserta didik menjadi lebih giat dan terampil dalam menulis teks eksposisi. Model
yang diterapkan adalah model Contextual Teaching and Learning.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menulis teks
eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Semarang tahun pelajaran
2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model
Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menulis teks eksposisi
pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Semarang tahun pelajaran
2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
yang didukung dengan data kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kelas VIII D yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik dalam
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes yang
berupa pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Negeri 29
Semarang, dapat diketahui bahwa penerapan model Contextual Teaching and
Learning dapat diterapkan dengan baik. Nilai rata-rata yang diperoleh peserta
didik kelas VIII D adalah 80,71. Nilai tersebut telah mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimum (KKM) yaitu 75. Hasil nontes dalam penelitian ini yang berupa
pengamatan, angket peserta didik, wawancara guru, dapat memberikan pengaruh
positif dalam pembelajaran menulis teks eksposisi, membuat peserta didik
menjadi lebih aktif dan kreatif, dapat memudahkan peserta didik dalam menulis,
meningkatkan pemahaman tentang menulis, memudahkan peserta didik dalam
menggembangkan ide dan gagasan. Model yang diterapkan ini lebih tepat karena
peserta didik lebih mudah memahami pembelajaran jika mengalami apa yang
peserta didik kerjakan, pernah dialami, pernah dirasakan, sehingga untuk membuat
teks eksposisi jauh lebih mudah. Dengan pengalaman yang peserta didik miliki
paling tidak dalam membuat teks eksposisi dapat menceritakan dengan baik sesuai
dengan pengalaman yang dimiliki.
Penerapan Model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran
menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Semarang
tahun pelajaran 2019/2020 membantu peserta didik meningkatkan nilai
pembelajaran menulis teks eksposisi sehingga hasil akhir yang diperoleh peserta
didik juga menjadi lebih maksimal, membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan
kreatif, memudahkan peserta didik dalam menulis, meningkatkan pemahaman
ix
tentang menulis, memudahkan peserta didik dalam menggembangkan ide dan
gagasan.
Pada penerapan model Contextual Teaching and Leaning dalam
pembelajaran menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29
Semarang tahun pelajaran 2019/2020, saran yang ingin disampaikan penulis yaitu
hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menambah inspirasi
guru tentang model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, khususnya
dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Guru diharapkan dapat lebih
menguasai kelas. Hal tersebut dapat menjadikan kelas lebih kondusif. Guru
diharapkan dapat menerapkan variasi-variasi model pembelajaran yang kreatif
sehingga memberikan semangat, antusias peserta didik dalam mengikuti proses
pembelajaran, dan dapat mempengaruhi pemahaman peserta didik..
Kata Kunci: Penerapan model Contextual Teaching and Learning, pembelajaran
menulis, teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 07:59
Last Modified: 19 Nov 2024 07:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8046

Actions (login required)

View Item
View Item