ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM BUKU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2017

Mahmudah, Binti (2020) ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM BUKU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2017. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Binti Mahmudah.pdf] Text
Binti Mahmudah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian yang berjudul “Aktivitas Belajar Siswa dalam
Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas X terbitan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017” adalah adanya kenyataan bahwa
aktivitas belajar yang berupa mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
mengasosiasikan dan mengkomunikasikan dalam buku PPKn belum lengkap
sesuai dengan Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013, aktivitas mengasosiasikan
yang terlalu sedikit dalam buku PPKn, diperkirakan dapat menyebabkan
kemampuan siswa menjadi kurang aktif dalam berpikir induktif dan deduktif
dalam menyimpulkan, sehingga kemampuan siswa dalam mengasosiasikan tidak
berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis
aktivitas belajar siswa dalam buku PPKn Kelas X terbitan Kemendikbud Tahun
2017.
Jenis penelitian ini adalah riset kepustakaan dengan pendekatan kualitatif.
Setting penelitian dilakukan dimana saja saat buku PPKn itu dibuka, dibaca dan
dianalisis oleh penulis. Fokus penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dalam
buku PPKn Kelas X terbitan Kemendikbud Tahun 2017. Sumber datanya adalah
buku teks PPKn kelas X terbitan Kemendikbud Tahun 2017. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah dokumentasi berupa buku dengan teknik daftar cocok
dan tabel. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber yaitu
membandingkan data yang sudah diperoleh dengan hasil validasi pakar PPKn.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Macam aktivitas belajar yang
diberikan penulis meliputi mengamati (membaca, melihat dan memperhatikan),
menanya (membuat atau mengajukan pertanyaan materi fakta, konsep dan
prosedur), mengumpulkan informasi (mencari informasi dari sumber lain,
wawancara dan diskusi), mengasosiasikan (mengelompokkan, menyimpulkan dan
menganalisis), dan mengkomunikasikan (melaporkan, mempresentasikan dan
menyatakan pendapat). 2. Cara penulis memberikan aktivitas belajar adalah
dengan memberikan instruksi berupa penugasan dalam buku PPKn. 3.
Kelebihannya yaitu terdapat kompetensi kewarganegaraan civic disposition dan
civic skill. 4. Kekurangannnya meliputi distribusi aktivitas mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan yang belum
maksimal. 5. Solusi penulis untuk mengatasi kekurangan tersebut diwujudkan
dalam halaman preliminaries, uraian materi dan uji kompetensi di buku PPKn.
Kesimpulan: macam aktivitas belajar yang diberikan penulis meliputi
mengamati,
menanya,
mengumpulkan
informasi,
mengasosiasikan
dan
mengkomunikasikan. Cara yang digunaka yaitu dengan memberikan penugasan.
Ada kelebihannya yaitu terdapat civic disposition dan civic skill. Ada
Kekurangannya yaitu distribusi aktivitas belajar yang belum maksimal. Solusi
penulis diwujudkan dalam halaman preliminaries, uraian materi dan uji
kompetensi. Saran kepada penulis buku PPKn agar menambah aktivitas
mengasosiasikan (mengelompokkan, menyimpulkan dan menganalisis) dalam
Bab II, III, IV, V dan VII serta guru PPKn lebih cermat dalam penggunaan buku.
Kata kunci: Aktivitas Belajar dan Buku teks PPKn

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 07:55
Last Modified: 19 Nov 2024 07:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8043

Actions (login required)

View Item
View Item