LESTARI, INDAH DWI (2020) ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA INSTRUMEN EVALUASI (PENILAIAN) MUATAN IPA KELAS IV SD NEGERI 3 PEGANJARAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
INDAH DWI LESTARI (16120248) SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
INDAH DWI LESTARI. NPM 16120248. “Analisis Higher Order Thinking
Skills (HOTS) Pada Instrumen Evaluasi (Penilaian) Muatan IPA Kelas IV SD
Negeri 3 Peganjaran”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2020.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah keterampilan
berpikir tingkat tinggi dibutuhkan pada masa mendatang. Pemerintah
mengharapkan para peserta didik mencapai berbagai kompetensi dengan
penerapan HOTS atau keterampilan berpikir tingkat tinggi. Instrumen
pengukuran berpikir tingkat tinggi di lapangan belum terdeskripsikan dengan
baik. Padahal informasi tentang akurasi instrumen evaluasi di lapangan ini
sangat penting untuk mendukung proses diagnostik permasalahan evaluasi di
lapangan. HOTS sangat dibutuhkan untuk membenahi kinerja pendidikan yang
jauh tertinggal dengan negara-negara maju di dunia.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana Higher Order Thinking Skills
(HOTS) pada instrumen evaluasi (penilaian) muatan IPA kelas IV SD Negeri 3
Peganjaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui HOTS (Higher Order
Thinking Skills) pada instrumen evaluasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat yang dipilih dalam penelitian ini adalah
SD Negeri 3 Peganjaran Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Data dalam penelitian
ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian terkait Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada
instrumen evaluasi (penilaian) muatan IPA menunjukkan bahwa SD Negeri 3
Peganjaran telah melaksanakan penilaian pengetahuan yang memuat HOTS. Soal
HOTS bentuk tes pilihan ganda, isian singkat dan jawaban singkat belum 100%
berjalan dengan baik, dapat dibuktikan dengan adanya temuan hasil telaah soal
HOTS bentuk tes pilihan ganda, isian singkat, dan jawaban singkat dimana
kategori C5 hanya muncul di soal PH 1 dan PH 4 dan kategori C6 belum terdapat
dalam semua penilaian. Hasil perhitungan persentase HOTS dalam penilaian PH 1
sebesar 20%, PH 2 sebesar 13,33%, PH 3 sebesar 20%, PH 4 sebesar 20%, PH 5
sebesar 13,33%, PTS sebesar 15,55%, dan PAS sebesar 13,33%.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
mengoptimalkan standar penilaian bentuk HOTS agar pelaksanaan penilaian tidak
mengalami kesulitan dan penilaian HOTS sesuai dengan standar yang ditetapkan
oleh pemerintah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 07:51 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 07:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8039 |