ZULYANTI, ZENY RAHMAWATI (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP PGRI 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Zeny RZ.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Zeny Rahmawati Zulyanti. NPM 12110238. “Pengaruh Layanan
Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Terhadap Peningkatan
Kecerdasan Emosional Siswa SMP PGRI 01 Semarang”. Skripsi Program
Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kecerdasan emosional siswa
yang rendah, ditandai perilaku agresif (kasar terhadap orang lain, sering
bertengkar, membandel di sekolah, keras`kepala). Membully (mengolok-olok
teman yang lain dan bertempramen tinggi) ketika diajar oleh guru berbicara
sendiri. Siswa merasa cemas dan depresi (sering merasa takut, sering merasa
gugup dan sedih). Merasa tidak dicintai oleh lingkungan sekitar. Siswa yang
menarik diri dari pergaulan, serta lebih suka menyendiri,bermuka muram dan
kurang semangat.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah layanan
bimbingan kelompok dengan metode psikodrama berpengaruh terhadap
kecerdasan emosional siswa SMP PGRI 01 Semarang? Adapun tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan metode psikodrama terhadap kecerdasan emosional
siswa SMP PGRI 01 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True
Eksperiment Design,model Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi
penelitian adalah siswa SMP PGRI 01 Semarang yang terpilih adalah kelas IX
diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, kecuali kelas IX A
yang digunakan untuk try out. Sampel yang diambil adalah 30 siswa dari kelas
IXB, diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data
penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan skala k
Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji-t, diperoleh hasil sebesar
5,002 sementara dengan db = (n1+n2) - 2= (15+15) - 2 = 28 dan taraf
signifikansi 5% (0,05) sebesar 1,701. Karena jumlah maka Ho
ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesisnya berbunyi “Ada pengaruh
kecerdasan emosional antara kelompok eksperimen dan kontrol”.
Saran dalam penelitian ini adalah supaya Layanan Bimbingan Kelompok
Dengan Teknik Psikodrama Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa,
dapat digunakan sebagai alternatif guru bimbingan dan konseling dalam
memberikan layanan bantuan kepada seluruh siswa. Khususnya dalam
meningkatkan Kecerdasan Emosional siswa
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Bimbingan Kelompok, Teknik
Psikodrama.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 07:42 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 07:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8031 |