PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X DI MA FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN

DESRIANA, BERTA (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X DI MA FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of BERTA DESRIANA.pdf] Text
BERTA DESRIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Berta Desriana. NPM 15110078. Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Terhadap Kepercayaan Diri
Siswa Kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen. Skripsi. Program Studi Bimbingan
dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2019. Dra
Wiwik Kusdaryani, S.Pd., M.Pd sebagai dosen pembimbing I, dan Padmi Dhyah
Yulianti, S.Pd., M.Psi., Psikolog sebagai dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa 1) belum berani
untuk mengemukakan pendapat didepan kelas, merasakan takut dan cemas dalam
menghadapi penolakan, 2) belum bisa menyesuaikan diri dengan teman kelasnya,
3) masih terdapat siswa yang memandang rendah kemampuan diri sendiri yang
mereka miliki, dan belum bisa menerima keadaan diri sendiri. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok
dengan teknik permainan simulasi terhadap kepercayaan diri siswa kelas X MA
Futuhiyyah 2 Mranggen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain
quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah 210 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 30 siswa,
diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Dapat dilihat
berdasarkan hasil pre-test dan post-test. Rata-rata pre-test yaitu 73,47, sedangkan rata-
rata post-test yaitu 85,20. Hal tersebut telah dibuktikan dalam pengujian hipotesis,
yang menyatakan bahwa hasil sebesar 3,51 sementara dengan db
(n1+n2) – 2 = (15+15) – 2 = 28 dengan taraf signifikansi 5% (0.05) sebesar 2,048,.
Karena jumlah 3,51 > 2,048, maka Ho ditolak dan Ha diterima,
sehingga hipotesisnya (Ha) berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok
dengan teknik permainan simulasi terhadap kepercayaan diri siswa kelas X MA
Futuhiyyah 2 Mranggen”.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Permainan Simulasi, Kepercayaan Diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 07:43
Last Modified: 19 Nov 2024 07:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8028

Actions (login required)

View Item
View Item