SHOLIKHAH, NUR WAKHIDATUS (2020) PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR AND SHARE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA KESATRIAN 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NUR WAKHIDATUS SHOLIKHAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Nur Wakhidatus Sholikhah, 15410092, Penggunaan Model Think Pair and
Share dalam pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas X SMA
Kesatrian 2 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Pendidikan
Bahasa dan Seni. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing 1 Dr. Sri Suciati,
M.Hum. dan Pembimbing II Pipit Mugi Handayani, S.S., M.A.
Kata Kunci: Penggunaan Model Think Pair and Share, Pembelajaran Menulis
Puisi.
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya minat untuk menulis dan
membaca pada peserta didik, oleh sebab itu kurangnya konsentrasi dan gagasan
pemikiran kreatif yang dituangkan dalam bentuk puisi. Kurangnya variasi model
pembelajaran yang digunakan antara kerja individu dan kelompok membuat
peserta didik tampak bosan dan kurang tertarik dalam pembelajaran menulis puisi
sehingga dalam proses pembelajaran kurang maksimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah [1] Bagaimanakah hasil
penggunaan model think pair and share dalam pembelajaran menulis puisi.
Adapun tujuan penelitian ini adalah [1] Mendeskripsikan hasil penggunaan model
think pair and share dalam pembelajaran menulis puisi
Bentuk penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan sampel dalam
penelitian adalah kelas X IPS 1 SMA Kesatrian 2 Semarang yang berjumlah 33
peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik
nontes. Teknik nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMA kesatrian 2 Semarang
diketahui bahwa penggunaan model think pair and share dalam pembelajaran
menulis puisi pada kelas X SMA Kesatrian 2 Semarang tahun pelajaran
2018/2019 dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran
dan mempermudah peserta didik dalam menulis puisi. Keterkaitan model think
pair and share dalam pembelajaran menulis puisi sangat berpengaruh karena
peserta didik dapat diajak bekerjasama untuk berdiskusi secara berpasangan dalam
mencari referensi langkah-langkah menulis puisi dengan baik dan unsur
pembangun puisi. Dengan model think pair and share peserta didik dapat berpikir
kritis, berbicara dan berdiskusi bertukar pikiran dengan peserta didik lain, dan
kemudian dituangkan menjadi sebuah ide berupa puisi. Penggunaan model
pembelajaran think pair and share cocok digunakan dalam pembelajaran menulis
puisi. Nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik dalam pembelajaran menulis
puisi adalah 81. Nilai tersebut telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal
(KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Penggunaan model pembelajaran think
pair and share dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA
Kesatrian 2 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 membuat peserta didik
bersemangat dan antusias dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari
kemampuan hasil menulis puisi dan respon peserta didik pada saat proses
pembelajaran.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah harus mampu memberikan
variasi dan inovasi dalam model pembelajaran untuk memudahkan peserta didik
dalam memahami materi dan peserta didik tidak merasa bosan dengan materi yang
disampikan sehingga tujuan untuk diterapkan dalam pengajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 07:36 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 07:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8025 |