PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MEMERANKAN TOKOH DRAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MA BINNUR KAUMAN SULANG REMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ANI, YUSNIA FITRI (2019) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MEMERANKAN TOKOH DRAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MA BINNUR KAUMAN SULANG REMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YUSNIA FITRI ANI.pdf] Text
YUSNIA FITRI ANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Yusnia Fitri Ani, NPM 15410130 “Penerapan Model Cooperative Learning
dalam Pembelajaran Memerankan Tokoh Drama Pada Peserta Didik Kelas XI MA
Binnur Kauman Sulang Rembang Tahun Pelajaran 2019/2019”. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pembimbing I Dr. Nazla Maharani
Umaya, S.S.,M.Hum. dan Pembimbing II Pipit Mugi Handayani,S.S.,M.A.
Kata kunci: penerapan, memerankan tokoh drama, model pembelajaran
cooperative learning.
Penelitian ini dilatarbelakangi nilai keterampilan berbicara pada peserta
didik kelas XI MA Binnur Kauman Sulang Rembang yang masih rendah,
khususnya memerankan tokoh drama. Melihat kondisi seperti itu perlu
diupayakan penerapan model tertentu untuk memudahkan peserta didik dalam
memahami materi pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berbicara kelas
XI MA Binnur Kauman Sulang Rembang. Model pembelajaran yang diterapkan
adalah Cooperative Learning.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model Cooperative Learning dalam pembelajaran memerankan tokoh drama pada
peserta didik kelas XI MA Binnur Kauman Sulang Rembang tahun pelajarran
2018/2019? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model
cooperative learning dalam pembelajaran memerankan tokoh drama pada peserta
didik kelas XI MA Binnur Kauman Sulang Rembang tahun pelajaran 2018/2019.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian terapan dengan teknik kualitatif,
dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 yang berjumlah 22 peserta
didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan nontes. Tes
yang digunakan adalah tes praktisi keterampilan memerankan tokoh drama.
Teknik nontes berupa data hasil observasi, angket dan lembar wawancara guru.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa,
penerapan model cooperative learning dalam pembelajaran memerankan tokoh
drama pada peserta didik kelas XI MA Binnur Kauman Sulang Rembang tahun
pelajaran 2018/2019 dapat diterapkan. Hal ini dapat diketahui dari indikator tes
dan nontes. Pada indikator tes peserta didik dapat praktisi memerankan tokoh
drama. Melalui contoh naskah drama dalam buku ajar, peserta didik menemukan
teknik-teknik dalam memerankan teks drama. Dari proses menemukan teknik-
teknik memerankan tokoh drama. Berdasarkan hasil tes dalam pembelajaran
memerankan tokoh drama dengan model cooperative learning, peserta didik dapat
dikatakan sudah mampu memerankan tokoh drama dengan baik. Hal tersebut
dibuktikan dengan tidak ada nilai peserta didik yang di kurang dari KKM. Dari
hasil perolehan nilai, rata-rata yang dicapai peserta didik kelas XI IPS 1 yakni
87,72 Berdasarkan hasil nontes, dari hasil angket (kuesioner) tersebut terlihat
bahwa sebagian besar peserta didik memahami memerankan tokoh drama dan
tidak kesulitan saat pembelajaran di kelas menggunakan model cooperative
learning. Dari hasil observasi diketahui bahwa terdapat respon yang positif dan
peserta didik aktif selama mengikuti pembelajaran memerankan tokoh drama
dengan menggunakan model cooperative learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 07:26
Last Modified: 19 Nov 2024 07:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8021

Actions (login required)

View Item
View Item