MINAT BACA SISWA KELAS V SD NEGERI HARJOWINANGUN 02 TERSONO BATANG

HAPSARI, YUNIAR INDRI (2019) MINAT BACA SISWA KELAS V SD NEGERI HARJOWINANGUN 02 TERSONO BATANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Yuniar Indri apsari.pdf] Text
Yuniar Indri apsari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

YUNIAR INDRI HAPSARI. NPM 151520503. “Minat Baca Siswa Kelas V SD
Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang”. Skripsi Program Studi Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2019.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat minat baca siswa
kelas V SD Negeri Harjowinangun Barat dan faktor yang mempengaruhi
rendahnya minat baca siswa kelas V SD Negeri Harjowinangun 02.
Permasalahan yang dikaji adalah apakah faktor yang mempengaruhi
rendahnya minat baca siswa kelas V SD Negeri Harjowinangun 02 tahun
2018/2019?. Bagaimana tingkat minat baca siswa kelas V SD Negeri
Harjowinangun 02 tahun 2018/2019?. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan
faktor yang mempengaruhi minat baca serta menganalisis tingkat minat baca
siswa kelas V SD Negeri Harjowinangun 02 tahun 2018/2019.
Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Harjowinangun 02
tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 15 siswa. Data penelitian diperoleh
melalui teknik observasi, penggunaan angket, dan wawancara.
Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan penggunaan angket bahwa
minat baca siswa kelas v SD Negeri Harjowinangun 02 rendah. Faktor yang
mempengaruhi rendahnya minat baca yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal terdiri dari kecerdasan, minat, perhatian, motivasi, ketekunan,
sikap, kebiasaan membaca, kondisi fisik dan kesehatan. Faktor eksternal terdiri
dari perpustakaan yang seadanya, bahan bacaan yang sudah usang atau tidak
menarik bahkan tidak layak pakai, rendahnya dorongan dari guru, tidak adanya
dorongan dari orangtua, dan kurangnya fasilitas dari orangtua, dikarenakan faktor
ekonomi, tidak adanya perhatian orangtua terhadap minat membaca anak.
Berdasarkan hasil penelitian selanjutnya dapat disampaikan saran
kepada pihak-pihak sekolah yang terlibat (kepala sekolah, guru, orangtua, dan
bagi siswa) untuk lebih dapat mengoptimalkan minat baca siswa, meningkatkan
sarana dan prasarana sekolah seperti bahan bacaan fiksi maupun non fiksi serta
pepustakaan guna mendukung kelancaran tercapainya meningkatnya minat baca
siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 07:19
Last Modified: 19 Nov 2024 07:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8014

Actions (login required)

View Item
View Item