NOVIANTI, NUR (2020) PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS V SD. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NUR NOVIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
NUR NOVIANTI.
NPM
15120051. “Pembelajaran
Geometri
Berbasis
Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas V
SD”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2019.
Latar belakang yang mendasari penelitian ini yaitu kemampuan
pemecahan masalah siswa kelas V SDN 03 Kendaldoyong yang rendah.
Etnomatematika adalah geometri yang diterapkan oleh kelompok budaya tertentu,
kelompok buruh atau petani, anak-anak dari masyarakat kelas tertentu, kelas-kelas
profesional dan lain sebagainya. Bangun ruang di maerokoco merupakan salah
satu bentuk dari etnomatematika. Berbagai bentuk bangun ruang di maerokoco ini
dapat digunakan sebagai salah satu cara dalam proses pembelajaran geometri.
Bagaimanakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas
V SD melalui pembelajaran geometri berbasis Etnomatematika. Tujuan dari
penelitian ini yaitu mendeskrpsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah
siswa kelas V SD dan efektivitas pembelajaran geometri berbasis etnomatematika
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data dalam
penelitian ini yaitu didapatkan dari siswa kelas V SDN 03 Kendaldoyong.
Pengumpulan data berupa hasil observasi, angket dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan menerapkan kegiatan pembelajaran etnomatematika
berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
materi geometri bangun ruang kelas V SD Negeri 03 Kendaldoyong, dibuktikan
dengan hasil uji t yang menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antar kelas
eksperimen dan kelas kontrol, pembelajaran berbasis etnomatematika ini juga
mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
dibuktikan dengan hasil uji N-Gain kemampuan pemecahan masalah matematika
yang mengalami peningkatan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan menerapkan kegiatan pembelajaran berbasis
etnomatematika berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD
Negeri 03 Kendaldoyong, dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukan adanya
perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, pembelajaran
berbasis etnomatematika ini juga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa dibuktikan dengan hasil uji N-Gain hasil belajar yang
mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Etnomatematika, Pemecahan Masalah, Siswa SD
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 07:20 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 07:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8013 |