PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM BERBANTU MEDIA KOTAK TELUR PELANGI (KOTELA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SD KANISIUS HASANUDIN

HANIFAH, NUR MILLATI (2020) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM BERBANTU MEDIA KOTAK TELUR PELANGI (KOTELA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SD KANISIUS HASANUDIN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NUR MILLATI HANIFAH.pdf] Text
NUR MILLATI HANIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

NUR MILLATI HANIFAH, NPM 15120252. “Pengaruh Pendekatan Open
Ended-Problem Berbantu Media Kotak Telur Pelangi (KOTELA) terhadap Hasil
Belajar Matematika Kelas III SD Kanisius Hasanudin” Skripsi. Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah metode pembelajaran
yang diterapkan guru kurang bervariatif sehingga berdampak pada kurangnya
minta siswa dalam pembelajaran. Akibatnya hasil belajar siswa kelas III SD
Kanisius Hasanudin masih dibawah KKM yang telah ditentukanyaitu 70.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-
eksperimental design dengan bentuk One-Group-Pretest-Posttest Design.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan Open Ended-
Problem berbantu media Kotak Telur Pelangi (KOTELA) berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa kelas III SD Kanisius Hasanudin.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes, wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, uji
ketuntasan belajar dan uji t. Analisis data menggunakan uji t diperoleh hasil
10,379 lebih besar dari ttabel yaitu 1,725 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima
artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Open-Ended
Problem berbantu media Kotak Telur Pelangi (KOTELA) berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa kelas III SD Kanisius Hasanudin.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di kelas III SD Kanisius Hasanudin,
maka peneliti memberikan saran bahwa pendekatan pembelajaran Open-Ended
Problem berbantu media Kotak Telur Pelangi (KOTELA) dapat dijadikan sebagai
alternatif guru dalam pengajaran di kelas, karena dapat memberikan wawasan
pengetahuan tentang pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan
pemahaman siswa, selain itu saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu hendaknya
pengajar perlu meningkatkan kreativitas dalam memilih dan menggunakan media
yang sesuai dengan materi agar tercapai tujuan yang diharapkan.
Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended Problem, media Kotak Telur Pelangi
(KOTELA), hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 07:17
Last Modified: 19 Nov 2024 07:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8011

Actions (login required)

View Item
View Item