WISUNDANI, YUNIA HARDIANTI INDRI (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BUKU BERJENDELA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 1 SD NEGERI SEMIREJO 02. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Yunia Hardianti I.W.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
YUNIA
HARDIANTI
INDRI
WISUNDANI,
NPM
16120025.
“Keefektifan
Model
Pembelajaran
Kontekstual
Berbantu
Media
Pembelajaran Buku Berjendela Terhadap Hasil Belajar Kelas I SD Negeri
Semirejo 02”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Illmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing
Drs. Harto Nuroso, M.Pd dan Mira Azizah, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah guru belum menerapkan model
pembelajaran yang brvariasi serta belum mengunakan media pembelajaran.
Sehingga peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran dan
menyebabkan proses pembelajaran belum maksimal atau di bawah
Ketuntasan Kriteria Maksimum (KKM).
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Keefektifan
Model Pembelajaran Kontekstual Berbantu Media Pembelajaran Buku
Berjendela Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I SD Negeri
Semirejo 02? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Model
Pembelajaran Kontekstual Berbantu Media Pembelajaran Buku Berjendela
Pada Tema Keluargaku Subtema Anggota Keluargaku Pembelajaran ke 5
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I SD Negeri Semirejo 02.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini
seluruh peserta didik kelas I SD Negeri Semirejo 02 dengan jumlah 20 anak
menggunakan Non Probability Sampling. Data penelitian ini diproleh
melalui tes (pretest dan posttest), wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil nilai pretest diperoleh rata-rata 65,25 dan rata-rata nilai posttest
85,5. Uji t Pretest-postest dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan
pada hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
adanya keefektifan penggunaan model pembelajaran kontekstual berbantu
media pembelajaran buku berjendela dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data pada hasil belajar pretest dan
posttest dengan uji-t bahwa diperoleh thitung = 9,357 > ttabel = 2,093. Maka
hal ini menunjukkan bahwa uji t mempunyai efek yang signifikan.
Kesimpulannya adalah model pembelajaran Kontekstual berbantu
media pembelajaran Buku Berjendela efektif terhadap hasil belajar kelas I
SD Negeri Semirejo 02. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat
disampaikan adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran
Kontekstual berbantu media pembelajaran Buku Berjendela sebagai
alternatif mengajar.
Kata Kunci : Model Kontekstual, Buku Berjendela, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 07:16 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 07:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8010 |