Sholikhah, Anifatus (2023) PERAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (Studi Kasus di SMA NEGERI 2 UNGARAN). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANIFATUS SHOLIKHAH 19210042.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Anifatus Sholikhah 19210042 “ Peran Program Sekolah Penggerak dalam
Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (Studi kasus di SMA N 2 Ungaran)”.
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang,2023.
Latar belakang dari penelitian ini adalah: Kurang optimal peran warga
sekolah dalam pelaksanaan program sekolah penggerak yang ada di SMA N 2
ungaran. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu bagaimana peran program
sekolah penggerak dalam mewujudkan profil pelajar pancasila di SMA N 2
Ungaran. Sedangkan tujuan penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana peran
program sekolah penggerak dalam mewujudkan profil pelajar pancasila di
SMA N 2 Ungaran.
Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian
dilakukan di SMA N 2 Ungaran. Fokus penelitian ini, adalah “ Peran Program
Sekolah Penggerak dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” dengan
menggunakan indikator pertama Program sekolah penggerak sebagai
perwujudan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang
berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melelui terciptanya pelajar Pancasila,
kedua peran program sekolah penggerak untuk mengakselerasi sekolah
negri/swasta di seluruh kondisi untuk bergerak 1/2 tahap lebih maju,ketiga
beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahlak mulia, keempat
berkebhinekaan global, kelima mandiri, keenam bergotong-royong, ketujuh
bernalar kritis, dan kedelapan kreatif. Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis
analisis data yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil peneliti, yaitu: 1). Peran program sekolah penggerak sudah
terlaksana dengan baik di SMA N 2 Ungaran. Hal ini dapat dilihat dari peran
warga sekolah yang saling berkoordinasi dengan baik dalam melaksanakan
program sekolah penggerak tersebut, mulai dari kepala sekolah, guru, waka,
staf karyawan, siswa serta orangtua siswa. 2). Peran profil pelajar pancasila di
SMA N 2 Ungaran sudah terlaksana dengan baik. Hal itu dilihat dari kegiatan
pembelajaran guru di dalam kelas yang sudah mengaitkan keenam dimensi
profil pelajar pancasila agar dapat membentuk karakter sisrwa dengan baik..
Kesimpulan penelitian ini, yaitu peran program sekolah penggerak
dalam mewujudkan profil pelajar pancasila sudah terlaksana dengan baik. Hal
itu dapat dilihat dari berbagai kegiatan yang ada di SMA N 2 Ungaran sudah
mencerminkan keenam dimensi profil pelajar pancasila.
Kata Kunci : Program Sekolah Penggerak, Profil Pelajar Pancasila, Siswa SMA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 08:15 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 08:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/801 |