KEEFEKTIFAN MEDIA SCRAPBOOK PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GAYAMSARI 01 SEMARANG

KUSUMAWANTI, YULITA INDAH (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA SCRAPBOOK PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GAYAMSARI 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Yulita Indah Kusumawanti.pdf] Text
Yulita Indah Kusumawanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

YULITA INDAH KUSUMAWANTI, NPM 16120304 “ Keefektifan Media
Scrapbook Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Dalam Meningkatkan
Keterampilan Komunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gayamsari 01
Semarang”, Skripsi, Program Studi Pendidkan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Dr. Iin Purnamasari, M.Pd dan Intan
Rahmawati, S.Pd., M.Pd, Oktober, 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya keterampilan
komunikasi dan hasil belajar siswa yang kurang dari KKM. Hal ini disebabkan
karena kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam kegiatan mengajar
sehingga siswa kurang aktif dalam berkomunikasi dan menjadikan hasil belajar
siswa juga rendah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah media scrapbook
efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa SDN
Gayamsari 01 Semarang? (2) Apakah media scrapbook efektif digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan
media scrapbook dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas IV
SDN Gayamsari 01 Semarang. Dan apakah penggunaan media scrapbook dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang.
Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Pre-Eksperimen
design dengan jenis desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang. Sampel yang
diambil adalah 31 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara,
tes, observasi, dan dokumentasi.Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) setelah diberikan perlakuan menggunakan media keterampilan
komunikasi siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari lembar
angket observasi siswa yang diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,45. Selanjutnya
dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,941 > 1,696)
maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan terkait keterampilan
komunikasi siswa. (2) nilai rata-rata hasil pretest sebesar 65,00 dan rata-rata hasil
postest sebesar 79,77. Selanjutnya dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung
lebih besar dari ttabel (3,183 > 1,696) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang
signifikan terkait hasil belajar siswa.
Saran yang dapat disampaikan bagi sekolah yakni sebaiknya dapat
memfasilitasi alat penunjang pembelajaran. Disamping itu guru juga mampu
mengembangkan
kreatifitas
dan
inovatifnya
dalam
mengajar
dengan
menggunakan media seperti media scrapbook yang dapat membuat siswa lebih
aktif belajar, aktif dalam berkomunikasi dan mampu memahami materi karena
pembelajarannya menyenangkan, dan tidak membosankan sehingga siswa mampu
mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 07:14
Last Modified: 19 Nov 2024 07:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8009

Actions (login required)

View Item
View Item