PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN MEMADUKAN LITERASI SAINS PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA KELAS XI SMA/MA

Ratnasari, Yulina Ayu (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN MEMADUKAN LITERASI SAINS PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA KELAS XI SMA/MA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Yulina Ayu Ratnasari.pdf] Text
Yulina Ayu Ratnasari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis kontekstual
dengan memadukan literasi sains pada materi gelombang bunyi dan gelombang
cahaya kelas XI SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
dan pengembangan (Research and Development) yang meliputi potensi dan
masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi produk, dan revisi
produk. Pada penelitian ini tidak dilakukan uji coba dikarenakan adanya wabah
yang menjadi kendala peneliti. Untuk menguji kelayakan bahan ajar ini, validasi
dilakukan oleh tiga dosen sebagai dan 27 mahasiswa Pendidikan Fisika. Aspek
yang diperhatikan dalam pengembangan ini meliputi kelayakan dan keterbacaan,
keefektifan bahan ajar, dan kajian literasi sains yang sesuai. Bahan ajar dalam
bentuk e-modul yang telah divalidasi mendapatkan hasil rata-rata dari ahli materi
sebesar 73,33% dengan kategori layak, ahli media sebesar 79,29% dengan kategori
layak, dan dari praktisi sebesar 82,43% dengan kategori sangat layak. Bahan ajar
berbasis kontekstual dengan memadukan literasi sains ini layak digunakan setelah
melalui proses revisi.
Kata kunci : Bahan Ajar, Kontekstual, Literasi Sains

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 07:12
Last Modified: 19 Nov 2024 07:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8008

Actions (login required)

View Item
View Item