SETYANINGTYAS, SETYANINGTYAS (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI LAMPER TENGAH 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
YULIANA SETYANINGTYAS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
YULIANA SETYANINGTYAS. 15120419.” Analisis Kesulitan Belajar
dalam Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Lamper Tengah 02 Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum
dan Dosen Pembimbing II Henry Januar Saputra S.Pd., M.Pd. Desember 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang mengalami
kesulitan dalam membaca permulaan, kesulitan yang di alami siswa berupa belum
mengenal huruf abjad, kesulitan dalam membedakan huruf, kesulitan merangkai
huruf menjadi sebuah kata atapun kalimat, siswa masih terbata-bata dalam
mengeja, siswa kesulitan dalam berkonsentrasi. Karena ada beberapa siswa
sebelum masuk sekolah dasar tidak menempuh pendidikan taman kanak-kanak
serta kurangnya perhatian orang tua dalam membimbing anak belajar pada saat
dirumah, orang tua sibuk dengan pekerjaannya sehingga lalai untuk mendidik
anaknya untuk belajar.
Fokus penelitian ini adalah “ Apa saja Kesulitan Belajar dalam Membaca
Permulaan Siswa Kelas I SDN Lamper Tengah 02?”. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan kesulitan dalam belajar membaca permulaan yang dialami
siswa kelas I SDN Lamper Tengah 02 Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini d SD Negeri Lamper Tengah
02 Kota Semarang. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas I SDN Lamper
Tengah 02 Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian berupa observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran membaca permulaan terlaksana dengan baik. Dengan hasil yang
didapatkan terdapat 29 jumlah siswa 18 siswa mendapatkan nilai diawah kkm dan
11 siswa mendapatkan nilai diatas kkm. Dengan persentase aspek 1 mengenal
huruf memiliki persentase 58,62%, aspek 2 membaca kata bermakna memiliki
persentase 51,72%, aspek 3 membaca kata yang tidak mempunyai arti memiliki
persentase 66,38%, dan aspek 4 Kelancaran membaca dan pemahaman bacaan
meliliki persentase 61,21%.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
Sebaiknya guru membuat pembelajaran inovatif dan kreatif agar siswa tertarik dan
fokus dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 07:09 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 07:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8006 |