AMALIA, YULANTA ILHAM (2019) PENERAPAN MODEL POLYA TERHADAP HASIL BELAJAR SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SDN 1 TEDUNAN KABUPATEN JEPARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
YULANTA ILHAM AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
YULANTA ILHAM AMALIA.NPM 15120276. “Penerapan Model
Polya Terhadap Hasil Belajar Soal Cerita Matematika Materi Perkalian dan
Pembagian Siswa Kelas IV SDN 1 Tedunan Kabupaten Jepara”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dikarenakan kurangnya interaksi
siswa ketika mengikuti pembelajaran Matematika. Berdasarkan nilai masih
banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM atau nilai kurang dari 70.
Dari hasil wawancara terhadap guru kelas IV di SDN 1 Tedunan bahwa siswa
yang tuntas berjumlah 12 siswa dan siswa yang belum tuntas yaitu berjumlah 11
siswa, atau bisa di katakan siswa yang mencapai KKM hanya 52,17% yang tidak
mencapai KKM sebesar 46,82%.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model polya
terhadap hasil belajar soal cerita matematika materi perkalian dan pembagian
dapat diterapkan? Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model
pembelajaran polya terhadap hasil belajar soal cerita metematika materi perkalian
dan pembagian pada kelas IV SDN 1 Tedunan Kabepaten Jepara.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif. Dalam bentuk Pre Experimental Designs dengan desain One Group
pretest- posttest Design.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1
Tedunan Kabupaten Jepara tahun pembelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil
adalah 23 siswa kelas IV dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, dokumentasi dan
wawancara.
Hasil analisis statistik penerapan model pembelajaran polya terhadap hasil
belajar soal cerita metematika materi perkalian dan pembagian pada kelas IV.
Berdasarkan rata – rata nilai pretest adalah 47 dan nilai rata – rata posttest 76. Hal
ini terbukti pada analisis akhir menggunakan uji t yang ditentukan dengan
ketuntasan belajar 83%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model
polya dapat diterapkan dan meningkatkan hasil belajar matematika pada materi
perkalian dan pembagian soal cerita matematika siswa kelas IV SDN 1 Tedunan
Kabupaten Jepara melalui penerapan model polya
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model polya dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru untuk
mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 07:07 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 07:07 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8003 |