PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MELALUI VARIASI MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI KARANGMONCOL 05 PEMALANG

SAPUTRI, BELIA AYU (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MELALUI VARIASI MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI KARANGMONCOL 05 PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of BELIA AYU SAPUTRI.pdf] Text
BELIA AYU SAPUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

BELIA AYU SAPUTRI. NPM 16120292. ―Pengaruh Motivasi Belajar Melalui
Variasi Model dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05 Pemalang‖. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas PGRI Semarang. 2020. Pembimbing I Dr. Rahmat Rais, S.Ag., M.Ag
dan Pembimbing II Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. Motivasi belajar adalah
kecenderungan siswa dalam melakukan segala kegiatan belajar yang didorong
oleh hasrat untuk mencapai prestasi atau hasil belajar sebaik mungkin. Siswa yang
bermotivasi belajar tinggi kemungkinan akan memperoleh hasil belajar yang lebih
tinggi pula. Jadi semakin besar motivasinya semakin besar usaha dan upaya yang
dilakukan dapat meningkatkan keberhasilan dalam belajar. Data awal yang
diperoleh hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa
kurang memiliki motivasi dalam belajar. Selain itu guru juga masih sering
menggunakan metode ceramah dalam melakukan pembelajaran. Sehingga
mengakibatkan berkurangnya minat siswa dan tidak adanya motivasi siswa dalam
mengikuti pembelajaran dikelas.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Adakah pengaruh
motivasi belajar melalui variasi model dan media pembelajaran terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05
Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh
motivasi belajar melalui variasi model dan media pembelajaran terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05
Pemalang.
Desain penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan
jenis penelitian One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SDN Karangmoncol 05 Pemalang Tahun Pelajaran
2020/2021. Sampel penelitian diambil dengan teknik Probability sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi dan wawancara.
Berdasarkan analisis hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel
yaitu 10,660 > 2,042. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifiksn
motivasi belajar melalui variasi model dan media pembelajaran terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05
Pemalang.
Saran dalam penelitian ini kepada pendidik atau guru agar dapat
menciptakan kegiatan pembelajaran
yang
menarik dan menyenangkan,
melaksanakan pembelajaran dengan model dan metode yang beragam atau
bervariasi agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan, menggunakan media
pembelajaran yang dapat mempermudah siswa memahami materi dan semangat
mengikuti pembelajaran, sehingga mampu meningkatkan motivasi dan hasil hasil
belajar siswa. Serta memberikan perhatian dan dorongan agar siswa dapat terus
termotivasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 07:20
Last Modified: 19 Nov 2024 07:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8001

Actions (login required)

View Item
View Item