PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PERMAINAN TRAIN SMART (KERETA PINTAR) TERHADAP LITERASI MEMBACA TEMA 1 SISWA KELAS I SD NEGERI 01 GALIH KABUPATEN KENDAL

DEWANTORO, YUDHO (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PERMAINAN TRAIN SMART (KERETA PINTAR) TERHADAP LITERASI MEMBACA TEMA 1 SISWA KELAS I SD NEGERI 01 GALIH KABUPATEN KENDAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YUDHO DEWANTORO.pdf] Text
YUDHO DEWANTORO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

YUDHO DEWANTORO. NPM 15120214. “Pengaruh model discovery learning
berbasis permainan train smart (kereta pintar) terhadap literasi membaca tema 1
siswa kelas 1 SD Negeri 01 Galih Kabupaten Kendal”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Latar
belakang
yang
mendorong
penelitian
ini
adalah
adanya
permasalahan di SD Negeri 01 Galih pada pembelajaran di kelas I yaitu peserta
didik mengalami kesulitan dalam hal membaca sehingga masalah tersebut
berdampak pada peserta didik yang mengalami kesulitan pada pengerjaan soal
yang diberikan oleh guru, dalam pembelajaran di kelas I guru juga kurang
menggunakan model dan media pembelajaran sehingga peserta didik kurang
antusias dalam proses pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model discovery
learning dengan berbasis permainan train smart (kereta pintar) terhadap
kemampuan literasi membaca siswa kelas I SD Negeri 01 Galih? Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
discovery learning dengan berbasis permainan train smart (kereta pintar) dapat
meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas I SD Negeri 01 Galih.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Experiment Desaign dengan desain One Group Pretest-Posttest . Populasi dalam
penelitian ini seluruh siswa kelas I SD Negeri 01 Galih. Sampel yang diambil
adalah 20 siswa kelas I dengan teknik Probability Sampling berbentuk sampling
jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, dan
observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase posttest (75,30) lebih dari
prosentase pretest (62,05) serta berdasarkan hasil uji-t diketahui thitung lebih dari
ttabel (7,640 > 2,093) dan berdasarkan perhitungan uji regresi linier sederhana
variabel bebas X (aktivitas belajar) mempengaruhi variabel terikat Y (hasil
belajar) sebesar 31,7%. Dengan kata lain terdapat pengaruh positif pada model
discovery learning berbasis permainan train smart (kereta pintar) terhadap
kemampuan literasi membaca siswa kelas I SD Negeri 01 Galih.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah supaya
model discovery learning dengan berbasis permainan train smart (kereta pintar)
dapat digunakan sebagai alternatif guru dalam mengajar pembelajaran di kelas.
Kata kunci : Model Discovery Learning, Permainan Train Smart (kereta pintar),
Kemampuan Literasi Membaca

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 07:06
Last Modified: 19 Nov 2024 07:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7998

Actions (login required)

View Item
View Item