PENERAPAN MODEL PAIR CHECK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA KESATRIAN 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PERMATASARI, NUR INDAH (2020) PENERAPAN MODEL PAIR CHECK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA KESATRIAN 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NUR IDAH.pdf] Text
NUR IDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nur Indah Permatasari, NPM 15410088, Penerapan Model Pair Check Dalam
Pembelajaran Menulis Pada Peserta Didik Kelas X SMA Kesatrian 2 Semarang
Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Nazla Maharani Umaya, S.S.,
M.Hum. dan Pembimbing II Ika Septiana S.Pd., M.Pd. Juli 2019.
Kata Kunci: Penerapan Model Pair Check, pembelajaran menulis puisi.
Penelitian ini dilatarbelakangi keterampilan menulis pada peserta didik
kelas X SMA Kesatrian 2 Semarang yang masih rendah, khususnya keterampilan
menulis puisi. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan penerapan model pair
check dalam pembelajaran menulis puisi. Model yang diterapkan adalah model
pair check.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model Pair Check dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X
SMA Kesatrian 2 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pair check dalam
pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Kesatrian 2
Semarang tahun pelajaran 2018/2019.
Metode penelitian ini adalah penelitian terapan dengan teknik kualitatif
dengan sampel dalam penelitian adalah kelas X MIPA 1 SMA Kesatrian 2
Semarang yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini berupa teknik tes dan non tes. Tes yang digunakan adalah tes
mengerjakan soal yang berkaitan dengan pembelajaran menulis puisi sedangkan
teknik nontes berupa data wawancara, pengamatan, dan angket.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Kesatrian 2
Semarang diketahui bahwa penerapan model pair check dalam pembelajaran
menulis puisi pada kelas X SMA Kesatrian 2 Semarang tahun pelajaran
2018/2019 sangatlah efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Nilai
rata-rata yang diperoleh peserta didik dalam pembelajaran menulis puisi adalah
82.Nilai tersebut telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang
telah ditetapkan yaitu 75. Penerapan model pembelajaran pair check dalam
pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Kesatrian 2
Semarang tahun pelajaran 2018/2019 membuat peserta didik bersemangat,
tertarik, serta berantusias dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari
kemampuan hasil menulis puisi dan tanggapan peserta didik pada saat proses
pembelajaran.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru harus lebih kreatif,
inovatif, dan imajinatif dalam memilih jenis model pembelajaran yang tepat
sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai untuk diterapkan dalam pengajaran
bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 07:00
Last Modified: 19 Nov 2024 07:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7997

Actions (login required)

View Item
View Item