PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PAWARTA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GABUS TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

SAPUTRA, BAYU ISWARA (2020) PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PAWARTA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GABUS TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of BAYU ISWARA SAPUTRA.pdf] Text
BAYU ISWARA SAPUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

BAYU ISWARA SAPUTRA,“Penerapan Metode Cooperative Integrated
Reading and Composition Berbantu Media Audio-visual Pada Pembelajaran
Menulis Pawarta Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gabus Tahun Pembelajaran
2019/2020”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Seni. Falkultas
Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Alfiah
S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Nuning Zaidah S.Pd., M.A. Juni 2020.
Kata Kunci: Metode CIRC, Media Audio-visual, Pembelajaran Pawarta.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan
metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dengan
berbantu media audio-visual dalam pembelajaran menulis pawarta siswa kelas
VIII SMP Negeri 3 Gabus tahun pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini masuk dalam jenis penelitian kuantitaf. Desain penelitian ini
menggunakan tru-eksperimental design dengan wujud pendekatan posttest-only
control design. Variabel bebas adalah metode cooperative integrated reading and
composition berbantu audio-visual yang diterapkan pada pembelajaran menulis
pawarta. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Gabus. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang
dijadikan sampel yaitu siswa kelas VIII A berjumlah 32 siswa dan siswa VIII B
33. Sumber data berupa pembelajaran menulis pawarta, dengan data berwujud
nilai dari hasil tes. Teknik penelitian data yang digunakan adalah teknik tes. Nilai
yang diperoleh kemudian dihitung dan dianalisis menggunakan SPSS versi 22.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui SPSS versi 22,
perhitungan uji-t dua sampel independen (Independent Sample t-test) satu sisi
untuk sisi atas dengan P-value atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil
dari taraf signifikansi (α = 0,05). Kemudian rata-rata nilai kelas eksperimen 78,
dan kelas kontrol hanya memperoleh rata-rata nilai 70. Dari jumlah 32 siswa di
kelas eksperimen (VIII A), 27 diantaranya mendapatkan nilai di atas KKM yaitu
70. Sedangkan 2 siswa mendapat 70, dan 3 murid dibawah KKM. Berbeda untuk
kelas kontrol (VIII B) dari 33 siswa, hanya 21 yang mendapat nilai di atas KKM
70. Namun 12 diantaranya masih di bawah KKM 70. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa, penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition
berbantu media audio-visual terhadap pembelajaran menulis pawarta siswa kelas
VIII SMP Negeri 3 Gabus bisa digunakan dan menghasilkan nilai yang signifikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:55
Last Modified: 19 Nov 2024 06:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7992

Actions (login required)

View Item
View Item