HASANAH, NUR (2020) PENERAPAN MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR CERITA FABEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 MRANGEN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NUR HASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
NUR
HASANAH.15410029.―Penerapan
Model
Jigsaw
dalam
Pembelajaran Menganalisis Struktur Fabel pada Peserta Didik Kelas VII SMP N 3
Mrangen Tahun Pelajaran ‖. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang. 2019. Dosen pembimbing I,Agus Wismanto, B.SC.,
S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II, Drs. Murywantobroto,M.Hum.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pembelajaran yang
disampaikan monoton, sehingga menimbulkan rasa bosan, dan menjadikan
pembelajaran kurang menarik perhatian siswa sehingga mempengaruhi hasil
belajar. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran masih menggunkaan model
yang kurang ariatif. oleh karena itu, model pembelajaran jigsaw dipilih peneliti
untuk meningkatkan rasa minat belajar peserta didik dalam materi fabel dengan
kegiatan pembelajaran menganalisis struktur fabel.
Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana caramenerapan model
jigsaw dalam pemebelajaran menganalisis sruktur cerita fabel pada peserta didik
kelas vii smp negeri 3 mrangen tahun pelajaran 2018/2019?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Penetian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil
penerapan model jigsaw dalam pembelajaran menganalisis struktur fabel pada
peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Mrangentahun pelajaran 2018/2019.
Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri
3 Mrangen yang terdiri dari 32 peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis data yang didapat, setelah menggunakan model
pembelajaran jigsaw proses pembelajran menganalisis struktur fabel berjalan
dengan lancar karena adanya model jigsaw memudahkan peserta didik dalam
menerima materi dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. hasil tes atau
nilai rata-rata materi menganalisis struktur fabel dengan cara menerapkan model
jigsaw peserta didik mendapat nilai 8,3. Hasil observasi dan wawancara sikap
peserta didik terhadap penerapan model jigsaw menunjukan bahwa pembelajaran
tersebut menyenangkan dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran
menganalisis struktur fabel. oleh karena itu, dapat disimpulkan baha penerapan
model jigsaw dapat diterpkan dan mempengaruhi minat peserta didik dalam
pembelajaran.
Kata Kunci: Penerapan model pembelajaran jigsaw, analisis struktur cerita fabel.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:52 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:52 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7989 |