GRAITA, YUDHA (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SIMULATION GAME TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP PURNAMA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
YUDHA GRAITA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Yudha Graita. 12110200. ”Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
dengan Teknik Simulation Game Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa
kelas VIII SMP Purnama 3 Semarang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan
Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Dr. Yovitha Yuliejantiningsih, M. Pd., Pembimbing II Padmi Dhyah Yulianti, S.
Psi, M. Psi. Psikolog. Oktober 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang terdapat di SMP Purnama 3
Semarang sebagai berikut: siswa cenderung belum mengerti pentingnya
komunikasi interpersonal, siswa kurang percaya diri dalam berkomunikasi, siswa
cenderung tidak sopan dalam berbicara, siswa saling mengejek, dan memanggil
dengan nama orang tua. Usaha untuk mempengaruhi siswa untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi interpersonal siswa dengan menggunakan layanan
bimbingan kelompok dengan teknik simulation game terhadap komunikasi
interpersonal siswa kelas VIII SMP Purnama 3 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True
Eksperiment Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian adalah
siswa kelas VIII SMP Purnama 3 Semarang, yaitu kelas VIII A yang digunakan
untuk try out dengan jumlah siswa 36. Sampel diambil dari hasil pretest jumlah
sampel sebanyak 136 siswa dari kelas VIII B sampai VIII E dengan menggunakan
cluster random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui DCM dan skala
Likert. Validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment. Reliabilitas
instrumen skala Likert diuji dengan menggunakan rumus Alpha.
Hasil perhitungan menggunakan rumus t-test diperoleh thitung (6,9) > ttabel
(2, 03). Maka dapat disimpulkan penerapan layanan bimbingan kelompok dengan
teknik simulation game berpengaruh terhadap komunikasi interpersonal siswa
kelas VIII SMP Purnama 3 Semarang.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di
sekolah memberikan layanan lebih lanjutan melalui kegiatan konseling kelompok
berkenaan dengan komunikasi interpersonal siswa.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulation Game,
Komunikasi Interpersonal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:58 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7985 |