MUTTAQIN, IMAMUL (2020) Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Budidaya Jambu Air Di Desa Mranak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
IMAMUL MUTTAQIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Imamul Muttaqin “Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Budidaya
Jambu Air di Desa Mranak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak”,
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang, 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola alur rantai nilai jambu
air di Desa Mranak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak, sehingga
berdampak pada tingkat margin pemasaran antara pada tingkat petani dan
konsumen. Rumusan masalah pada penelitian ini, pertama bagaimana
rantai nilai jambu air di Desa Mranak Kecamatan Wonosalam
Kabupaten Demak?. Kedua bagaimana selisih margin pemasaran jambu
air di Desa Mranak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak?. Tujuan
pada penelitian ini, pertama menganalisis rantai nilai jambu air di Desa
Mranak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Kedua menganalisis
selisish margin pemasaran antar pelaku rantai nilai jambu air di Desa
Mranak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Metode penelitian
ini menggunakan metode penelitian studi kasus, subyek penelitian petani,
perantara pemasar dan masyarakat Desa Mranak, alat pengumpulan data
menggunakan
teknik
wawancara,
lembar
observasi
dan
daftar
dokumentasi dengan keabsahan data triangulasi sumber dan teknik
analisis data menggunakan interaksi model. Hasil penelitian ini diperoleh
bahwa rantai nilai jambu air di Desa Mranak Kecamatan Wonosalam
Kabupaten Demak belum dikatakan efisien karena petani sangat
tergantung kepada perantara pemasar dalam memasarkan hasil panen
jambu air. Petani belum mampu memasarkan hasil panen sendiri baik
dalam kondisi buah segar maupun mengolah menjadi makanan yang
mempunyai nilai ekonomis lebh tinggi. Minimnya pengetahuan dalam
pemasaran, menyebabkan posisi tawar dari petani tergolong rendah
dibandingkan perantara pemasar. Alur distribusi hasil panen dari petani,
menimbulkan adanya margin pemasaran antara petani dan konsumen.
Panjang pendek rantai nilai jambu air sangat mempengaruhi tingkat harga
jual pada tingkat petani dan harga beli pada tingkat konsumen.
Kata Kunci:Pemasaran, Jambu Air, Rantai Nilai
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:46 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7984 |