FEBRIYANI, NUR FITRI (2020) INTERFERENSI BAHASA JAWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SULANG REMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
nur fitri febriyani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Nur Fitri Febriyani. 15410033. Interferensi Bahasa Jawa dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 1 Sulang Rembang
Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Nanik Setyawati, S.S., M.Hum. dan
Pembimbing II R. Yusuf Sidiq Budiawan, S.Pd., M.A.
Kata Kunci: interferensi, bahasa, bahasa Jawa, sosiolinguistik.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan interferensi bahasa Jawa
dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pengajaran materi masih sering
menggunakan bahasa Jawa. Hal tersebut menyebabkan peserta didik lebih paham
jika pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan bahasa Jawa. Interferensi
memberikan dampak negatif pada peserta didik. Hal tersebut berpengaruh dan
berkaitan dengan bahasa yang digunakan peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah interferensi
bahasa Jawa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 1
Sulang Rembang tahun pelajaran 2018/2019? dan apa sajakah faktor penyebab
interferensi bahasa Jawa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMP
Negeri 1 Sulang Rembang tahun pelajaran 2018/2019?
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan interferensi bahasa Jawa
dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 1 Sulang
Rembang tahun pelajaran 2018/2019 dan mendeskripsikan faktor penyebab
interferensi bahasa Jawa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMP
Negeri 1 Sulang Rembang tahun pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini yaitu
interferensi bahasa Jawa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP
Negeri 1 Sulang Rembang tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data
menggunakan metode simak dan teknik cakap. Analisis data menggunakan
metode agih. Teknik dasar bagi unsur langsung (BUL) dalam penelitian ini adalah
menemukan kesalahan berbahasa, dengan mendefinisikan kesalahan interferensi
bahasa Jawa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 1
Sulang. Teknik lanjutan yang digunakan pada analisis data adalah teknik ganti.
Alat penggeraknya adalah kebahasaan peneliti ketika menemukan jenis kesalahan
interferensi bahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, sedangkan alat
penentunya adalah pengklasifikasian jenis kesalahan berbahasa pada tuturan
interferensi. Teknik penyajian hasil analisis data yaitu menggunakan penyajian
informal.
Hasil identifikasi data interferensi bahasa Jawa dalam pembelajaran
bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 1 Sulang Rembang tahun pelajaran
2018/2019 menunjukan bahawa terdapat kesalahan dalam jenis interferensi
fonologi, jenis interferensi morfologi dan terdapat tiga faktor penyebab terjadinya
interferensi.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah bagi pendidik hendaknya
dapat memahami tujuan utama belajar bahasa Indonesia dalam pembelajaran,
sehingga tidak sering terjadi kekacauan berbahasa, bagi peserta didik hendaknya
ix
dapat memahami pentingnya bahasa Indonesia yang baik dan benar pada kegiatan
pembelajaran ataupun di luar pembelajaran, sehingga bisa berbahasa dengan baik
dan benar sesuai kaidah dan konteks berbahasa, dan bagi peneliti selanjutnya
disarankan untuk lebih rinci dalam meneliti mengenai interferensi, terutama pada
interferensi sintaksis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:45 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7983 |